Kutu Masuk ke Telinganya, Bocah Ini Nyaris Tuli

TrubusLife
Rahmania Putri | Followers 0
15 Mei 2019   21:30

Komentar
Kutu Masuk ke Telinganya, Bocah Ini Nyaris Tuli

Dermacentorn variabilis, kutu yang ditemukan di Amerika Serikat. (alexanderwild)

Trubus.id -- Trubus Mania, apa yang ada di benak kalian kalau seekor kutu masuk ke dalam telinga? Pastinya, serangga tersebut akan membuat telinga kalian tidak lagi nyaman.

Nah, itulah yang dialami seorang anak berusia 9 tahun asal Kanada. Tim dokter yang memeriksanya menemukan seekor kutu di telinga kanan bocah tersebut. Kejadian aneh ini dibeberkan tim dokter di studi yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine, beberapa waktu lalu.

"Saluran telinga merupakan tempat bersarang yang sempurna bagi serangga seperti kutu. Itu karena, saluran telinga sangat hangat, lembap dan tersembunyi," kata Darius Kohan, direktur otologi di Rumah Sakit Lenox Hill.

Baca Lainnya : Dalam Sekejap, Warga New York Tewas Tertular Virus Kutu Langka

Ia berpendapat jika kotoran telinga menarik serangga untuk datang.

"Di kasus ini, kutu tersebut masuk ke salurang telinga dan menembus kulit atau gendang telinga anak tersebut," kata Darius kepada Sience Alert.

Berdasarkan penelitian, terdapat 900-an spesies kutu di Bumi. Salah satunya Dermacentorn variabilis, kutu yang ditemukan di Amerika Serikat. Capitulum, semacam capit yang dimiliki kutu tersebut bisa menembus kulit inangnya untuk mengisap darah.

Baca Lainnya : Digigit Kutu Busuk, Begini Cara Mengatasinya

"Saat memeriksakan dirinya, bocah itu tidak mengalami rasa sakit atau kehilangan pendengaran. Satu-satunya tanda bahwa ada sesuatu yang salah di telinganya ialah suara dengung yang bertahan selama beberapa hari," ungkap Darius.

Maka dari itu, tim dokter melakukan tindakan untuk mengeluarkan serangga kecil dari gendang telinga bocah tersebut. Hingga akhirnya diputuskan untuk melakuan operasi ringan di telinga.

"Dengan operasi, kutu berhasil dikeluarkan dari telinganya. Sekarang, kondisi kesehatannya baik-baik saja. Gendang telinganya tetap bekerja dengan baik. Tidak ada tanda-tanda deman atau bekas lain yang dialaminya. Jika terlambat ditangani, ada kemungkinan ia akan kehilangan pendengaran atau tuli," bebernya. [DF]

 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


jesica oktavia 16 Mei 2019 - 09:27

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Nangka, Jadi Superfood yang Bisa Membunuh Sel Kanker

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan:          

Ternyata, Orang yang Puasa Rentan Sariawan

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan: