Manfaat Timun Suri yang Baik untuk Tubuh Saat Bulan Puasa

TrubusLife
Rahmania Putri | Followers 0
15 Mei 2019   22:30

Komentar
Manfaat Timun Suri yang Baik untuk Tubuh Saat Bulan Puasa

Buah mentimun suri (Trubus.id)

Trubus.id -- Memasuki bulan Ramadan masyarakat Indonesia mempunyai kebiasaan berburu takjil pada saat ngabuburit. Tak jarang takjil yang sering diburu salah satunya minuman segar yang di dalamnya terdapat timun suri.

Buah yang banyak muncul ketika bulan puasa ini, memilki bentuk lonjong dengan warna kulit hijau kekuningan dan tekstur dagingnya cenderung lembut serta mengandung banyak air, sehingga timun suri dapat menghilangkan dahaga yang cukup. Namun, tahukah kalian ternyata timun suri memiliki manfaat lain untuk tubuh. Penasaran?

Well, berikut manfaat timun suri yang berguna bagi kesehatan

1. Baik untuk penderita diabetes
Seperti yang diketahui bahawa penderita diabetes tidak boleh sembarangan memilih makanan dan minuman. Karena kondisi gula darah yang cukup tinggi mengharuskannya untuk mengurangi konsumsi gula atau makanan manis. Namun, timun suri adalah buah yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sebab memiliki kandungan karbonhidrat kompleks yang berfungsi menaikkan gula darah secara perlahan. sehingga, lonjakan gula darah bisa dihindari, terutama pada penderita diabetes yang sedang berpuasa.

2. Bantu Proses Detoksivikasi
Tubuh memiliki sistem detoksivikasi sebagai cara untuk membuang racun yang ada di dalamnya. Dengan mengkonsumsi mentimun suri secara seimbang akan membantunya dalam mempercepat pembuangan racun atau detoksivikasi dari dalam tubuh. Ada banyak jenis racun yang bisa dibuang melalui konsumsi mentimun suri ini, salah satunya adalah cacing pita adalah parasit yang cukup berbahaya bagi kesehatan.

3. Sumber antioksidan
Tubuh membutuhkan antioksidan untuk membantunya melawan segala bentuk penyakit mematikan, mentimun suri ternyata salah satu sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Di dalamnya ada potasium, magnesium, vitamin A, vitamin B, dan vitamin c. Zat-zat tersebut sangat baik digunakan oleh tubuh untuk menangkal semua radikal bebas yang masuk ke dalamnya.

4. Baik untuk kesehatan mata
Bukan hanya buah wortel yang baik untuk kesehatan mata, mentimun suri sangat disarankan untuk menyehatkan mata. Itu karena dalam mentimun suri terkandung asam askorbat dan asam caffeic, yang dapat mengurangi tingkat ritensi air sehingga sangat pas untuk mengatasi pembengkakan di mata. Selain itu, dalam mentimun juga terkandung vitamin A yang kita tahu sangat baik untuk mata.

5. Membantu melancarkan pencernaan
Timun suri memiliki sistem pencernaan untuk meningkatkan kemanjuran. Itu karena buah yang satu ini mengandung banyak air sehingga dapat memperlancar proses pencernaan dalam tubuh. Karena itu, bagi kalian yang memiliki kekhawatiran seperti gastritis atau tukak lambung. 

6. Sebagai penjaga Stabilitas Tekanan Darah yang baik
Ada banyak senyawa yang mampu menjaga kesehatan suri mentimun, seperti serat, saponin, asam linoleat, kalium, dan magnesium bersama-sama menjaga stabilitas tekanan darah dalam tubuh. Selain menjaga stabilitas tekanan darah, buah ini juga bisa menurunkan kolesterol. Jika kadar kolesterol dan tekanan darah stabil, maka kesehatan jantung otomatis akan terjaga dengan baik.

7. Menjaga kesehatan sendi dan tulang
Dalam mentimun suri terkandung berbagai senyawa yang baik untuk kesehatan tulang, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin D, asam folat, magnesium, dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, terutama bagi mereka yang menderita encok dan rematik. Selain senyawa di atas, timun suri juga mengandung silika yang baik untuk kesehatan sendi.

So, konsumsi timun suri pada bulan puasa seperti ini bukan hanya dapat menghilangkan dahaga, tapi memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. [NN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


jesica oktavia 16 Mei 2019 - 09:23

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Begini Cara Memanfaatkan Kopi untuk Kecantikan Wajah

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: