Plasma Non Termal Bisa Membunuh 99,9 Persen Kuman Berbahaya yang Menular Lewat Udara

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
15 Mei 2019   17:00

Komentar
Plasma Non Termal Bisa Membunuh 99,9 Persen Kuman Berbahaya yang Menular Lewat Udara

Flu, salah satu penyakit yang bisa menular melalui udara. (Vancouver Courier)

Trubus.id -- Udara yang kita hirup setiap saat bisa terkontaminasi dengan kuman berbahaya seperti bakteri dan virus. Namun, perlu diketahui bahwa, penyakit yang ditularkan melalui udara sangat mudah menular. Bisa menyebabkan penyakit pernapasan yang menyebabkan kematian.

Jadi, tidak usah heran kalau penyebaran penyakit menular melalui udara merupakan masalah kesehatan yang utama. Itulah kenapa, ada banyak penelitan di mana para ilmuwan berusaha sekuat tenaga agar menghasilkan teknologi untuk menyediakan udara bersih.

Baca Lainnya : Balita yang Terpapar Polusi Udara Bisa Idap Pneumonia dan Leukimia

Studi terbaru menunjukkan bahwa plasma non termal, gas dingin yang terdiri dari partikel bermuatan listrik, bisa menonaktifkan virus yang ditularkan melalui udara dan menyediakan udara steril. Virus yang dapat menyebar melalui udara di antaranya influenza, rhinovirus, cacar air dan campak.

Penelitian yang dikembangkan para ilmuwan di University of Michigan menunjukkan bahwa, plasma non termal dapat menonaktifkan 99,9 persen virus di udara. Melalui pelepasan fragmen molekul udara yang energetik dan bermuatan yang bisa menghancurkan virus dalam waktu kurang dari satu detik.

Baca Lainnya : Cegah Virus Flu, Jangan Lupa Vaksinasi dan Cuci Tangan

"Plasma non termal juga dapat membunuh bakteri melalui penghancuran dinding sel mereka," kata Manal Mohammed, dosen mikrobiologi medis di Universitas Westminster di London, Inggris.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Nangka, Jadi Superfood yang Bisa Membunuh Sel Kanker

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan:          

Ternyata, Orang yang Puasa Rentan Sariawan

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan: