Proyek Big Brother Kumpulkan Satwa Liar Tersembunyi di Hutan Amazon

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
15 Mei 2019   15:00

Komentar
Proyek Big Brother Kumpulkan Satwa Liar Tersembunyi di Hutan Amazon

Monyet tupai, salah satu satwa liar yang hidup di hutan hujan Amazon. (International Expeditions)

Trubus.id -- Para ilmuwan menggunakan sensor ultra-sensitif di Hutan Amazon untuk mengumpulkan gambar dan suara keanekaragaman hayati hutan hujan secara real time dalam melacak upaya pelestarian.

Proyek Big Brother diluncurkan dua tahun lalu oleh ilmuwan asal Prancis, Michel Andre dari the Polytechnic University of Catalonia and Mamiraua Sustainable Institute in northern Brazil.

Baca Lainnya : Menakjubkan, Proyek Menanam 73 Juta Pohon Sedang Dilakukan di Amazon

"Saya ingin membantu seluruh dunia memahami urgensi melindungi hutan hujan Amazon dan mendukung inisiatif konservasi," kata Michel, director of the university's bioacoustic applications laboratory.

Maka dari itu, penggunaan satelit dan drone sudah dilakukan selama bertahun-tahun untuk menghitung jumlah pohon yang ditebang setiap tahun.

"Namun, sangat sedikit data yang tersedia tentang keanekaragaman spesies yang hidup di dalam hutan hujan Amazon. Maka, kami menggunakan alat teknologi canggih untuk memantau keanekaragaman hayati dalam skala besar," ujar Michel kepada AFP.

Baca Lainnya : Ini Alasan Warga Peru Tolak Pembangunan Jalan di Hutan Amazon

"Kami mengumpulkan gambar dan suara yang tak terhitung jumlahnya di kawasan hutan banjir Mamiraua. Data yang didapatkan real time itu kemudian dikirim ke laboratorium untuk dianalisis dengan bantuan komunitas adat lokal di Mamiraua dan ahli biologi di sana," lanjutnya.

Sejak awal proyek, 10 satelit dan drone telah dipasang di hutan hujam Amazon. Lebih dari 40 spesies, termasuk burung, monyet, serangga, kelelawar, ikan dan lumba-lumba telah diidentifikasi dan dipantau. [DF]

 

 

 

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Sedotan Unik Non-Plastik Berbahan Pasta

Hernawan Nugroho   Plant & Nature
Bagikan:          
Bagikan: