Cincau, Alternatif Menu Sehat Saat Berbuka Puasa

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
15 Mei 2019   16:30

Komentar
Cincau, Alternatif Menu Sehat Saat Berbuka Puasa

Cincau (Istimewa)

Trubus.id -- Cincau menjadi salah satu santapan segar yang banyak diburu untuk berbuka puasa. Rasanya yang khas sangat cocok menjadi perpaduan sempurna untuk dijadikan es, es krim, es buah, es campur, hingga es teler.

Tak hanya menyegarkan, ternyata cincau juga memiliki banyak manfaat buat tubuh, apalagi saat berpuasa. Berikut 5 manfaat cincau untuk kesehatan: 
 
1. Memperlancar sistem pencernaan

Cincau dibuat dari perasan daun Platostoma palustre (anggota keluarga tanaman mint). Tanaman ini mengandung komponen gula yang dapat melawan bakteri penyebab sakit perut. Cincau juga mampu mengoptimalkan fungsi pencernaan. Cincau juga mengandung komponen alkaloid yang terdiri dari vitamin A dan C. Kombinasi kedua jenis vitamin ini sangat efektif untuk mencegah diare jika rutin dikonsumsi.

Baca Lainnya : 7 Manfaat Kesehatan Berbuka Puasa dengan Cincau

2. Memiliki efek mendinginkan

Meski tidak dikonsumsi bersama dengan es, cincau memiliki efek mendinginkan. Saat berpuasa, tak jarang tubuh terasa panas sehingga konsumsi cincau bisa mendinginkan.

Efek mendinginkan ini juga bermanfaat untuk meredakan demam bersamaan dengan komponen cincau lain seperti tentradine, cardioplegicum, alkaloid, flavonoid dan saponin, juga vitamin A dan B.

3. Mengontrol berat badan

Mengutip Livestrong, cincau mengandung kadar kalori yang cenderung rendah. Dari sekitar 330 gram, cincau hanya memiliki 184 kalori saja atau total kalorinya hanya sebesar 9 persen per sajian.

Jadi sangat cocok untuk mengontrol berat badan. Daripada memakan goreng saat berbuka puasa akan lebih baik kamu mengosumsi cincau. Selain itu, cincau mengandung air dan serat sehingga bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Baca Lainnya : Ingin Tetap Enerjik Saat Puasa, Hindari Mi Instan Saat Sahur

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Cincau kaya akan antioksidan. Antioksidan ini berfungsi untuk memastikan kekebalan tubuh agar kuat menghadapi paparan radikal bebas atau infeksi.

Meski tubuh punya kemampuan memproduksi antioksidan sendiri, namun jumlahnya tak cukup untuk melindungi seluruh tubuh. Penting untuk mengonsumsi bahan makanan yang mengandung antioksidan seperti cincau.

5. Mengontrol gula darah

Bagi pengidap diabetes, kini tidak perlu khawatir mengonsumsi cincau. Karena cincau mengandung alkaloid dan klorofil yang bisa membantu mengontrol kadar gula darah. Mengonsumsi cincau tidak akan langsung menaikkan kadar gula darah dengan cepat jadi aman jika disantau untuk berbuka puasa. [NN]

 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Monica Chandra 15 Mei 2019 - 19:02

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bahaya Mengancam di Balik Lezatnya Kalkun

Ayu Setyowati   Peristiwa
Bagikan: