WHO: Agar Tidak Demensia, Jangan Lupa Olahraga dan Berhenti Merokok

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
15 Mei 2019   13:00

Komentar
WHO: Agar Tidak Demensia, Jangan Lupa Olahraga dan Berhenti Merokok

Ilustrasi olahraga. (Pixabay/ Free-Photos)

Trubus.id -- Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, menerbitkan pedoman tentang pencegahan penyakit demensia. Aktivitas fisik seperti olahraga disarankan WHO untuk mencegah penurunan kognitif.

Berhenti merokok, diet sehat dan menghindari konsumsi alkohol yang berbahaya, merupakan beberapa rekomendasi WHO. Pengobatan untuk hipertensi, kolesterol tinggi dan diabetes, juga menurunkan risiko demensia.

"Pelatihan kognitif atau aktivitas sosial akan mencegah timbulnya demensia. Namun, tidak ada cukup bukti bahwa obat-obatan antidepresan atau alat bantu dengar dapat mengurangi risiko terkena demensia," kata Neerja Chowdhary, peneliti di WHO, Selasa (14/5).

Baca Lainnya : Obesitas Berkepanjangan Bisa Menyebabkan Demensia

Demensia memengaruhi sekitar 50 juta orang di dunia, di mana hampir 10 juta kasus baru setiap tahun. Pada tahun 2050 mendatang, orang yang terkena demensia diperkirakan melonjak tiga kali lipat.

"Meskipun tidak ada pengobatan kuratif untuk demensia, manajemen proaktif dari faktor risiko yang dapat dimodifikasi dapat menunda atau memperlambat timbulnya atau perkembangan penyakit," jelas Neerja.

Baca Lainnya : Polusi Udara Terbukti Tingkatkan Risiko Demensia

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Risk reduction of cognitive decline and dementia ini mengungkapkan jika demensia bukanlah konsekuensi alami atau tak terhindarkan dari penuaan.

"Selama dua dekade terakhir, beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara perkembangan gangguan kognitif dan demensia dengan pencapaian pendidikan, dan faktor risiko terkait gaya hidup seperti aktivitas fisik, penggunaan tembakau, diet tidak sehat serta penggunaan alkohol yang berbahaya," ujar Neerja. [DF]

 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Monica Chandra 15 Mei 2019 - 12:02

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Nangka, Jadi Superfood yang Bisa Membunuh Sel Kanker

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan:          

Ternyata, Orang yang Puasa Rentan Sariawan

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan: