15 Domba Didaftarkan ke Sekolah yang Terancam Ditutup Karena Kekurangan Siswa

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
13 Mei 2019   23:00

Komentar
15 Domba Didaftarkan ke Sekolah yang Terancam Ditutup Karena Kekurangan Siswa

Peternak di Prancis mendaftarkan 15 dombanya ke sekolah dasar yang terancam ditutup karena kekurangan siswa. (Stephane de Sakutin/AFP/Getty Images)

Trubus.id -- Duduk di bangku sekolah adalah mimpi hampir setiap anak di dunia. Namun apa jadinya jika yang terjadi, anak-anak ini harus bersekolah bersama dengan domba karena sekolah mereka terancam ditutup karena kekurangan siswa?

Mungkin itulah gambar singkat yang mungkin terjadi di sebuah sekolah dasar di Prancis ini. Seorang peternak yang ada dekat dengan sekolah tersebut mendaftarkan 15 domba miliknya di sekolah tersebut belum lama ini.

Namun jangan salah, apa yang dilakukan peternak itu bukan semata-mata cari sensasi. Yah, ia sengaja mendaftarkan domba-domba miliknya hanya agar sekolah tersebut tetap dibuka meski kekurangan siswa.

Dilansir dari BBC, Senin (13/5), peristiwa ini terjad di sekolah Jules Ferry di Crêts-en-Belledonne yang terletak di sebuah desa di pegunungan Alpen di sebelah timur laut Grenoble. Saat penerimaan siswa baru, mereka melihat penurunan jumlah pendaftar dari 266 siswa menjadi 261.

Karena kurangnya siswa, pihak sekolah sempat mau menutup kelas barunya. Tetapi sebagai sebuah aksi penolakan, seorang peternak bernama Michel Girerd memutuskan untuk secara simbolis mendaftarkan beberapa domba jantannya. Di antara 'murid-murid' barunya itu adalah domba bernama Baa-bete, Dolly dan Shaun.

Girerd muncul dengan 50 ekor domba betina di luar sekolah untuk upacara khusus yang dihadiri oleh sekitar 200 guru, murid dan pejabat. Walikota Jean-Louis Maret kemudian memberikan akta kelahiran mereka selama acara tersebut. 

Girerd lalu mempertanyakan "logika ambang batas (siswa) yang mengganggu" yang bisa mendorong penutupan kelas semacam itu.

"Sekarang kita seharusnya tidak memiliki penutupan," kata orang tua Gaelle Laval, yang menambahkan bahwa sistem pendidikan "tidak peduli dengan argumen di lapangan, hanya angka".

Anak-anak di acara itu memegang papan bertanda, "Kami bukan domba".

Tidak dijelaskan secara pasti apakah sekolah itu akan ditutup atau tidak. Tetapi itu adalah bentuk protes dari seorang peternak yang tak ingin sekolah ditutup. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 14 Mei 2019 - 12:04

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          

Keren, Ada Kandang Anjing Ramah Lingkungan

Diah Fauziah   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan: