Peneliti Temukan Pohon Cemara Berusia 2.624 Tahun di Kawasan Rawa Carolina Utara

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
13 Mei 2019   22:30

Komentar
Peneliti Temukan Pohon Cemara Berusia 2.624 Tahun di Kawasan Rawa Carolina Utara

pohon cemara berusia 2.624 tahun yang ditemukan di Black River's Three Swamp. (Livescience)

Trubus.id -- Dalam sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Enviromental Research Communications, para ilmuwan yang mempelajari cincin pohon di kawasan rawa Black River, North Carolina, telah menemukan pohon cypress/ cemara gundul (Taxodium distichum) yang setidaknya berusia 2.624 tahun. Temuan ini menjadikannya salah satu pohon tertua non-klonal (pohon klon, yang merupakan koloni besar tanaman identik secara genetik yang tumbuh dari satu nenek moyang, dapat hidup selama puluhan ribu tahun), yang bereproduksi secara seksual di dunia. 

Sebenarnya, berapa umur 2.624 tahun itu? Jika meminjam analogi dari Charlotte Observer, usia setua itu menggambarkan kalau pohon ini lebih tua dari kemunculan agama Kristen, Kekaisaran Romawi, dan bahasa Inggris.

Para peneliti menemukan pohon cemara kuno ini saat mempelajari cincin pohon dalam upaya mengumpulkan sejarah iklim Amerika Serikat bagian timur. (Selain menandai usia pohon, lebar dan warna cincin pohon menunjukkan seberapa basah atau keringnya tahun tertentu). 

Karena pekerjaan lapangan sebelumnya, tim tahu bahwa tegakan khusus pohon cemara gundul di Black River's Three Sisters Swamp adalah salah satu kelompok pohon tertua di negara ini. Penelitian sebelumnya mengidentifikasi beberapa pohon berusia 1.000 hingga 1.650 tahun. 

Studi baru mengungkapkan bahwa cemara gundul memiliki umur jauh lebih panjang daripada yang diperkirakan para peneliti sebelumnya. Selain dari individu berumur 2.624 tahun yang dilaporkan di atas, para peneliti juga menemukan pohon cemara berumur 2.088 tahun di rawa yang sama - dan ada kemungkinan lebih banyak di asalnya.

"Karena kami hanya meneliti dan mencatat hanya 110 batang pohon cemara gunudl yang hidup di lokasi ini, sebagian kecil dari puluhan ribu pohon masih ada di lahan basah ini, mungkin ada beberapa individu tambahan pohon cemara gundul yang berumur lebih dari 2.000 tahun sepanjang sekitar 100 km (62 mil) mencapai Black River," tulis para peneliti dalam penelitian tersebut dilansir dari Livescience.

Menurut penelitian baru, pohon cemara gundul ini sekarang dikonfirmasi sebagai spesies pohon lahan basah tertua yang diketahui di Bumi. Penemuan ini juga membuat cemara gundul sebagai spesies tertua non-klonal pohon di Bumi; hanya pohon-pohon Sierra juniper (Juniperus occidentalis) individual, sequoia raksasa (Sequoiadendron giganteum), alerces (Fitzroya cupressoides) dan pinus bristlecone Great Basin (Pinus longaeva) yang ditemukan lebih tua. 

Pinus bristlecone tertua di dunia, terletak di Pegunungan Putih California, berumur 5.066 tahun - kira-kira dua kali lipat dari pohon cemara yang baru ditemukan. Pohon klon tertua dianggap berdiri di hutan pohon aspen yang bergetar yang dikenal sebagai Pando, di Utah.

Meskipun pohon-pohon kuno yang dijelaskan dalam penelitian ini hidup di tanah terlindung yang dimiliki secara pribadi oleh The Nature Conservancy's North Carolina, keberadaan mereka tetap terancam oleh operasi penebangan dan pertanian biomassa yang sedang berlangsung (misalnya, menebang pohon untuk mulsa) di tempat lain di sungai, seperti serta oleh polusi industri dan perubahan iklim. 

Menurut penulis penelitian, rawa ini terletak di 6,5 kaki (2 meter) di atas permukaan laut rata-rata, dan berisiko dibanjiri oleh kenaikan permukaan laut yang disebabkan oleh pemanasan global antropogenik.

"Penemuan pohon hidup tertua yang diketahui di Amerika Utara bagian timur, yang sebenarnya adalah beberapa pohon tertua yang hidup di bumi, memberikan insentif yang kuat untuk konservasi swasta, negara bagian, dan federal dari jalur air yang luar biasa ini," para penulis menyimpulkan. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 14 Mei 2019 - 12:04

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: