Tingkat Karbon Dioksida di Udara Saat Ini Tercatat Paling Tinggi dalam Sejarah

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
13 Mei 2019   22:00

Komentar
Tingkat Karbon Dioksida di Udara Saat Ini Tercatat Paling Tinggi dalam Sejarah

Ilustrasi (Istimewa)

Trubus.id -- Sudah menjadi rahasia umum bahwa ekspansi manusia, pertumbuhan populasi dan industrialisasi yang cepat telah menyebabkan meningkatnya tingkat karbon dioksida di udara. Dan menurut stasiun cuaca terpencil di tengah antah berantah di samudera Pasifik, tingkat CO2 itu kini telah mencapai nilai tertinggi yang pernah tercatat dalam sejarah.

Dilansir dari Indiatimes, Senin (13/5), menurut pengukuran observatorium Mauna Loa Hawaii, yang dinilai karena lokasinya, jauh dari banyak industri manusia dan zona ledakan populasi, CO2 di udara bumi telah melampaui 415 ppm untuk pertama kalinya.

Baca Lainnya : Emisi karbon dioksida AS Melonjak 3,4 %, Terbesar dalam 8 tahun Terkahir

Yang lebih buruk adalah bahwa nilai ini bukan hanya sejak pencatatan dimulai seratus tahun yang lalu. Para ilmuwan dan ahli percaya bahwa bumi tidak memiliki karbon dioksida sebanyak ini untuk ditangani sejak manusia muncul di muka bumi.

Seperti yang dapat Anda lihat dari grafik yang dirilis oleh stasiun cuaca Hawaii yang terpencil, manusia belum mengambil begitu banyak karbon dioksida dalam setiap tarikan napas mereka - selamanya.

Meningkatnya tingkat karbon dioksida memiliki efek yang menghancurkan di planet bumi karena berkontribusi terhadap peningkatan gelombang panas global akibat pemanasan global, dan menjadikan fungsi tanaman tidak berguna lagi.

Baca Lainnya : Kaimana Segera Jadi Laboratorium Karbon Biru untuk Selamatkan Bumi

Untuk itu dibutuhkan berbagai upaya mengurangi kadar karbon dioksida yang sangat tinggi di atmosfer dengan beralih ke sumber energi yang lebih bersih - seperti angin, matahari, dan nuklir.

Selain itu manusia juga butuh lebih banyak menanam pohon, karena pohon adalah filter karbon dioksida alami. Lihat saja orang-orang di Cina dan Australia yang melakukan beberapa hal luar biasa di dengan inisiasi hijau yang tengah mereka lakukan.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Darah Naga yang Kini Terancam Punah

Hernawan Nugroho   Plant & Nature
Bagikan: