7 Manfaat Puasa untuk Kesehatan

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
10 Mei 2019   18:00

Komentar
7 Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Ilustrasi. (Mesothelioma)

Trubus.id -- Setiap bulan suci Ramadan, jutaan muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa dari matahari terbit hingga terbenam. Di bulan Ramadan, mereka yang melakuan puasa dilarang untuk makan dan minum sebelum waktunya.

Namun, ada banyak orang, baik muslim atau non muslim, yang melakukan puasa untuk meningkatkan kesehatan mereka. Itu karena, puasa terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti menurunkan berat badan dan meningkatkan fungsi otak.

Baca Lainnya : Puasa dengan Diabetes, Bagaimana Caranya?

Berikut ini 7 manfaat puasa bagi kesehatan yang didukung oleh ilmu pengetahuan.

Meningkatkan kontrol gula darah

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah. Bisa berguna bagi mereka yang berisiko diabetes. Faktanya, satu penelitian pada 10 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa, puasa intermiten jangka pendek bisa menurunkan kadar gula darah.

Sementara itu, penelitian lain mengungkapkan jika puasa intermiten dan puasa alternatif sama efektifnya dengan membatasi asupan kalori dalam mengurangi resistensi insulin. Mengurangi resistensi insulin bisa meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Baca Lainnya : Nikmatnya Buka Puasa dengan Toge penyabungan

Memerangi peradangan

Penelitian menunjukkan bahwa, peradangan berperan dalam perkembangan kondisi kronis seperti penyakit jantung, kanker dan rheumatoid arthritis. Dan, beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dan meningkatkan kesehatan.

Puasa intermiten selama satu bulan secara signifikan menurunkan tingkat penanda inflamasi. Studi kecil lain menemukan efek yang sama ketika seseorang berpuasa selama 12 jam sehari selama satu bulan.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Nangka, Jadi Superfood yang Bisa Membunuh Sel Kanker

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan:          

Ternyata, Orang yang Puasa Rentan Sariawan

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan: