Cacing Tabung Laut Dalam Terindikasi di Pantai Atlantik Carolina Utara

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
10 Mei 2019   14:30

Komentar
Cacing Tabung Laut Dalam Terindikasi di Pantai Atlantik Carolina Utara

Cacing tabung laut dalam yang ditemukan di lepas pantai Carolina Utara, Amerika Serikat. (Deep Search 2019- BOEM, USGS, NOAA, ROV JASON, ©Woods Hole Oceanographic Institution)

Trubus.id -- Para peneliti telah menemukan cacing tabung laut dalam berada di 36 mil di lepas pantai Carolina Utara, Amerika Serikat.

Tim dari program Deep Search menemukan cacing tabung laut dalam saat menjelajahi beberapa rembesan dingin metana yang baru-baru ini diidentifikasi di dekat Pulau Pea, Carolina Utara. Peneliti menggunakan Jason, kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh milik Woods Hole Oceanographic Institution.

Dikatakan Amanda Demopoulos, ahli ekologi dari the U.S. Geological Survey, cacing tabung laut dalam muncul seperti jack in a box ketika Jason memegang sepotong batu.

Baca Lainnya : Keren, Peneliti Rusia Berhasil Menghidupkan Cacing Gelang yang Sudah Beku 42 Ribu Tahun

"Penemuan cacing tabung laut dalam sangat kebetulan. Saat itu, kami sedang mencoba memecahkan sepotong batu untuk penelitian ketika cacing itu muncul, entah dari mana. Hewan itu tersembunyi dari pandangan, terkubur di celah batu yang lebih besar," kata Amanda, ketua tim ekspedisi.

Setelah penemuan tersebut, tim menyelidiki sudut lain di wilayah tersebut. Dan, mereka menemukan lebih banyak cacing tabung laut dalam yang termasuk kelompok hewan vestimentiferan.

Baca Lainnya : 3 Jenis Cacing Tanah yang Potensial Dibudidayakan

Cacing tabung laut dalam tidak memiliki sistem pencernaan. Mak dari itu, hewan ini bergantung pada bakteri simbiotik yang hidup di dalamnya untuk mendapatkan nutrisi.

Bakteri simbiotik ini mengubah hidrogen sulfida, senyawa yang beracun bagi manusia dan berbau seperti telur busuk. Dilepaskan oleh ventilasi atau merembes menjadi molekul organik yang menyediakan makanan bagi cacing.

Sejauh ini, cacing tabung laut dalam telah teridentifikasi di Teluk Meksiko, Karibia, Brasil, Afrika Barat dan Mediterania. Namun, tidak pernah terlihat di wilayah Atlantik.

"Penemuan cacing tabung laut dalam di wilayah ini sangat penting karena berkontribusi terhadap pemahaman kita tentang keanekaragaman hayati di laut dalam," kata Michael Rasser, ahli ekologi kelautan di Bureau of Ocean Energy Management, peneliti yang terlibat dalam ekspedisi. [DF]

 

 

 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 10 Mei 2019 - 08:27

Minimal Depo 20rb & WD 50rb cs online 1x24 jam WA : [+855]964630067

Artikel Terkait

Bagikan: