Tidak Lagi Buta Warna, Ikan yang Hidup di Laut Dalam Sudah Bisa Melihat

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
10 Mei 2019   12:00

Komentar
Tidak Lagi Buta Warna, Ikan yang Hidup di Laut Dalam Sudah Bisa Melihat

Ikan laut dalam. (DR. Wen-Sung Chung via Newsweek)

Trubus.id -- Selama ini, para peneliti percaya jika hewan yang hidup antara 2.000 hingga 27.500 kaki di bawah permukaan laut, merupakan makhluk hidup yang buta warna.

Namun, berdasarkan penelitian terbaru, para ilmuwan percaya jika sekarang, ikan yang hidup di laut dalam, telah berevolusi melihat warna.

Hipotesa tersebut diterbitkan di jurnal Science setelah para peneliti mengamati 101 genom ikan untuk mencari tahu lebih banyak tentang opsin mereka: reseptor di retina yang mengubah cahaya menjadi sinyal elektrokimia yang diproses otak.

Baca Lainnya : Ternyata, Ikan Bisa Mengenali Dirinya Sendiri di Cermin

Vertebrata atau hewan dengan tulang punggung memiliki hingga lima opsin. Satu batang opsin untuk melihat dalam gelap dan empat opsin kerucut untuk mendeteksi warna dari objek yang terang benderang. Sementara manusia, memiliki tiga opsin kerucut; kucing dan anjing memiliki dua opsin. Yang paling banyak memiliki opsin ialah ikan dan burung, masing-masing empat.

Baca Lainnya : 5 Ikan Hias Unik Ini Asli Indonesia, Keindahannya Mendunia

Dengan melihat genom ikan, para peneliti menemukan bahwa, beberapa ikan yang hidup di laut dalam memiliki sistem visual berbasis multi batang opsin. Memungkinkan mereka untuk melihat warna di kedalaman lautan yang gelap. Sistem visual ini bisa berguna untuk mengambil cahaya bioluminesensi dari predator atau mangsa. Namun, hanya tes perilaku yang bisa mengonfirmasi hal ini.

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 10 Mei 2019 - 08:27

Minimal Depo 20rb & WD 50rb cs online 1x24 jam WA : [+855]964630067

Artikel Terkait

Keren, Ada Kandang Anjing Ramah Lingkungan

Diah Fauziah   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan:          

Mau Mudik dengan Hewan Peliharaan, Ini Tipsnya

Diah Fauziah   Pet & Animal
Bagikan: