Ternyata, Menangis Bisa Bikin Berat Badan Turun

TrubusLife
Diah Fauziah
09 Mei 2019   20:30 WIB

Komentar
Ternyata, Menangis Bisa Bikin Berat Badan Turun

Ilustrasi menangis. (The List)

Trubus.id -- Menangis merupakan respons alami manusia terhadap rasa sakit, stres, kesedihan dan kebahagiaan. Menurut Dr. Aaron Neufeld dari Los Altos Optometric Group, ada tiga jenis air mata yakni basal, refleks dan psikis.

Air mata basal dianggap sebagai air mata fungsional dasar karena membuat mata kita lembap. Sementara air mata refleks atau air mata iritasi disebabkan karena stresor lingkungan seperti hembusan angin dan asap. Dan, air mata psikis terkait dengan perasaan dan emosi seseorang.

Baca Lainnya : Mau Kurus, Coba 5 Aplikasi Penurunan Berat Badan Paling Populer 2019

Maka, tidak heran jika penelitian terbaru mengungkapkan bahwa, tangisan emosional bisa membantu seseorang menurunkan berat badan. Penelitian tersebut mengaitkan tangisan dengan hormon yang meningkatkan kadar kortisol yang diinduksi ketika seseorang menyimpan emosi.

William Frey, ahli biokimia menemukan bahwa air mata yang diinduksi stres menghilangkan banyak jenis zat beracun dari tubuh. Dengan demikian, William menyimpulkan jika menangis merupakan proses ekskretoris. Menghilangkan banyak zat beracun yang menumpuk selama masa emosional.

Baca Lainnya : 7 Manfaat Minum Cuka Sari Apel, Bisa Menurunkan Berat Badan

"Ketika seseorang menangis, tubuhnya tidak mungkin menyimpan lebih banyak lemak karena ia sudah melepaskan hormon stres," kata William, dikutip dari Philippine Daily Inquirer.

Namun, studi tersebut menambahkan bahwa air mata yang dipicu oleh emosi nyata akan berpengaruh terhadap berkurangnya berat badan seseorang. Peneliti juga menyarankan orang untuk menangis dari pukul 7 hingga 10 malam karena jam tersebut merupakan waktu terbaik. [DF]

 

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Serangan Migrain Sebelah Kiri Kepala, Apa Artinya, Ya?

Health & Beauty   12 Des 2019 - 12:16 WIB
Bagikan:          

Lautan Telah Kehilangan Oksigen Pada Tingkat Yang Mengkhawatirkan

Plant & Nature   12 Des 2019 - 15:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan: