10 Tips Mudah Cara Berpuasa yang Sehat

TrubusLife
Thomas Aquinus | Followers 0
07 Mei 2019   09:00

Komentar
10 Tips Mudah Cara Berpuasa yang Sehat

Ilustrasi (Istimewa)

Trubus.id -- Puasa di bulan Ramadan jika diterapkan dengan benar maka diyakini dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan kamu. Nah, berikut ini adalah 10 tips berpuasa yang menyehatkan seperti dilansir dari Doktersehat

1. Minum cukup air
Dehidrasi adalah hal terpenting yang harus diatasi dalam puasa Ramadan. Sebelum dan sesudah berpuasa, sebaiknya kamu meminum air dalam jumlah besar. Kebutuhan cairan dalam tubuh minimal adalah 1,5liter per hari yang tidak dapat ditawar.

2. Pola Makan yang sehat
Diuapyakan kamu dapat menerapkan pola diet sehat pada saat berbuka. Penting untuk diingat agar jangan berlebihan memakan makanan yang manis karena selain tidak memuaskan rasa lapar, hal itu juga mengganggu pola makan kamu. Trubus Mania dapat memakan buah seperti kurma yang justru dapat mengisi ulang energi dengan cepat.

3. Proporsional dalam berbuka
Biasakan berbuka puasa dengan sup, kolak atau makanan pembuka lain dan tunggu sesaat sebelum memakan makanan besar.

Baca Lainnya : Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa, Waspadai Bahayanya Bagi Kesehatan

4. Makan secukupnya
Ingat, makanan yang berlebihan dapat mengganggu metabolisme tubuh sehingga menyebabkan ngantuk dan akan menganggu saat shalat tarawih. Buka puasa seharusnya tidak identik dengan makan berlebihan.

5. Tetap makan 3x sehari
Upayakan kamu tetap makan tiga kali sehari: yang pertama saat bersahur, yang kedua saat berbuka dan yang ketiga sekitar 2 atau 3 jam setelah berbuka. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga gizi tubuh kamu.

6. Pola sehat makan sahur
Saat kamu sahur, upayakanlah mengonsumsi buah-buahan untuk vitamin dan sumber karbohidrat seperti nasi dan ubi-ubian yang dapat bertahan sampai berbuka puasa. Usahakan untuk bersantap sahur mendekati saat imsak.

Baca Lainnya : Mudah Ngantuk Saat Puasa? Perhatikan Asupan Makananmu Yah

7. Tidur di awal siang dan hindari sinar matahari
Jika situasi memungkinkan, tidurlah sesaat saat siang hari untuk mengumpulkan energi dan hindari sinar matahari untuk mencegah dehidrasi.

8. Kurangi penggunaan tenaga fisik
Sebaiknya kamu mengurangi kegiatan yang memerlukan tenaga fisik. Khusus untuk atlet lakukanlah secara tidak intensif di sore hari sebelum saat berbuka.

9. Tips untuk penderita diabetes
Penting untuk para penderita diabetes untuk memonitor gula darah kamu dan jaga tubuh dari dehidrasi. Selain itu, pastikan kamu untuk tidak makan yang manis-manis tanpa nasihat medis.

10. Batalkan puasa bila ada masalah kesehatan
Bila kamu mengalami masalah medis selama sehari dan tidak dapat pulih dengan cepat, mungkin sebaiknya kamu tidak berpuasa sehari atau lebih. Kamu dapat mengganti hari puasa kamu di lain waktu sebelum Ramadan berikutnya. Yang terpenting kesehatan kamu tetap perlu dijaga. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Nangka, Jadi Superfood yang Bisa Membunuh Sel Kanker

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan:          

Ternyata, Orang yang Puasa Rentan Sariawan

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan: