Ternyata, Orang yang Penciumannya Lebih Tajam Bisa Hidup Lebih Lama

TrubusLife
Diah Fauziah
30 April 2019   11:00 WIB

Komentar
Ternyata, Orang yang Penciumannya Lebih Tajam Bisa Hidup Lebih Lama

Ilustrasi. (Pixabay)

Trubus.id -- Orang dewasa tua yang memiliki indra penciuman buruk, dapat meninggal dunia lebih cepat dibandingkan mereka yang memiliki kemampuan penciuman tajam. Hal itu terungkap dalam penelitian di Amerika Serikat.

Sebelumnya, para peneliti meminta 2.289 orang dewasa berusia usia 71 hingga 82 untuk mengidentifikasi 12 aroma umum. Setelah itu, mereka diharuskan memberikan skor dari nol hingga 12, berdasarkan pada berapa banyak aroma yang bisa mereka cium.

Baca Lainnya : Hidung Sebagai Indikator Penyakit, Perhatikan 4 Hal Ini

Dalam kurun waktu 13 tahun, sebanyak 1.211 peserta penelitian meninggal dunia. Disimpulkan bahwa, peserta yang memiliki penciuman lemah, sekitar 46 persen, lebih mungkin meninggal dunia dalam kurun waktu 10 tahun. Dan, 30 persen cenderung meninggal dunia pada kurun waktu 13 tahun.

"Indra penciuman yang buruk merupakan tanda awal dan sensitif untuk memburuknya kesehatan sebelum dapat dikenali secara klinis," kata Dr. Honglei Chen, peneliti dari Universitas Negeri Michigan di Lansing Timur.

Baca Lainnya : Kerap Mengusap Hidung Pertanda Penyakit Paru-paru?

Menurutnya, indra penciuman yang buruk merupakan penanda kesehatan yang penting pada orang dewasa yang lebih tua.

"Kemungkinan, indra penciuman berkaitan dengan demensia, penyakit parkinson, gizi buruk dan bahaya keamanan," jelas Honglei kepada Reuters.

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Jangan Sepele, Begini Caranya Agar Kita Tidak Kekurangan Vitamin C

Health & Beauty   14 Des 2019 - 23:51 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: