Tragis, Lumba-lumba Terdampar di Raja Ampat Akibat Terlilit Jaring

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
29 April 2019   12:00

Komentar
Tragis, Lumba-lumba Terdampar di Raja Ampat Akibat Terlilit Jaring

Lumba-lumba, ilustrasi (Darin Ashby)

Trubus.id -- Seekor lumba-lumba terdampar di Raja Ampat, menggegerkan warga. Betapa tidak, saat ditemukan oleh warga Kampung Warimak, Distrik Teluk Mayalibit, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, mamalia tersebut dalam keadaan terlilit jaring.

Esau, dan beberapa warga Kampung Warimak di Waisai menemukan mamalia laut itu dalam keadaan tak berdaya. Melihat hal itu, warga lantas melepaskan lilitan jaring di tubuh lumba-lumba. Setelah dilepaskan, lumba-lumba itu kembali ke laut. Kejadian ini terjadi, Minggu (28/4). Diakui Esau, saat ditemukan warga, lumba-lumba tersebut terlihat mengeluarkan air mata.

Dirinya menuturkan, kejadian tragis di mana lumba-lumba terdampak di Warimak Teluk Mayalibit ini sudah ke dua kalinya.

"Kami sadar akan konservasi sehingga jika ada lumba-lumba terdampar di pantai masyarakat setempat menolong dan melepaskan kembali ke laut sehingga anak cucu juga bisa melihat mamalia itu di masa depan," terang Esau, melansir Antara.

Belakangan ini, sejumlah lumba-lumba dilaporkan terdampar di pinggir pantai. Berbagai faktor yang menjadi penyebab mamalia laut ini terseret hingga ke daratan antara lain, karena ketidakseimbangan ekosistem. Inilah salah satu faktor alasan lumba-lumba dan mamalia laut lainnya terdampar di pantai.

Padahal secara umum, hewan laut cenderung mencari tempat hidup yang menurutnya aman. Tapi sayangnya mereka seringkali tak bisa membedakan wilayah yang seharusnya tak ditempati. Kondisi perairan yang berubah baik secara kimiawi maupun fisik menyebabkan mamalia yang tengah mencari tempat yang lebih aman ini justru ia malah terdampar. 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 29 April 2019 - 14:05

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: