Menyeramkan, Lautan Memotong Gletser Es di Antartika

TrubusLife
| Followers 0
12 Okt 2017   20:30

Komentar
Menyeramkan, Lautan Memotong Gletser Es di Antartika

Ilustrasi lautan memotong gletser es di Antartika. (Foto: Pixabay/ clara5656)

Trubus.id -- Peneliti baru saja melihat lautan memotong gletser es menjadi sebuah potongan es yang mengambang di wilayah Antartika Barat. Wilayah ini merupakan sektor paling rentan di Benua Antartika.

Menurut peneliti dari University of Edinburgh, Noel Gourmelen, air laut yang memotong gletser es di Antartika mulai menghangat dan mencapai es dari bawah. Sepertinya air laut tersebut mengalir ke rongga es, kemudian terbentuk saluran pada es yang akhirnya memecah es jadi terapung di laut.

Air laut yang hangat tersebut dikhawatirkan akan terus melelehkan gletser es di Antartika dengan menciptakan saluran. “Kami pikir saluran ini telah diukir sejak 25 tahun yang lalu,” kata Noel. Tim peneliti mendeteksi adanya saluran pada gletser es itu melalui pengamatan satelit.

Gletser es di Antartika secara keseluruhan telah menipis hingga lebih dari 2,5 meter setiap tahun sejak tahun 1994. Penipisan yang terjadi di saluran jauh lebih besar hingga 14 meter setiap tahunnya. “Air laut hangat yang mencapai Antartika tidak hanya melelehkan es secara merata, tapi juga memahat es dari bawah,” kata Ted Scambos yang ahli Antartika dari Pusat Data Salju dan Es.

Dan Goldberg dari University of Edinburgh juga mengungkapkan, “Temuan ini mengungkapkan kompleksitas antara interaksi laut dengan lapisan es di Antartika dan kepekaannya dengan perubahan iklim". [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: