Lima dari 11 Spesies Murraya di Dunia Dapat Ditemukan di Indonesia

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
25 April 2019   20:29

Komentar
Lima dari 11 Spesies Murraya di Dunia Dapat Ditemukan di Indonesia

Peneliti Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, Inggit Puji Astuti. (Trubus.id/ Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Sebagai negara yang berada di kawasan tropis, Indonesia memiliki keanekaragaman flora yang sangat luar biasa. Salah satunya adalah Murraya cyclopensis atau yang dikenal dengan nama Kemuning.

Peneliti Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Inggit Puji Astuti mengungkapkan, saat ini di Indonesia ditemukan lima spesies Murraya dari 11 spesies yang ada di dunia.

“Di Indonesia sendiri kita punya lima jenis kemuning berarti hampir setengah jumlah spesies Murraya yang ada di dunia bisa kita temukan di Indonesia,” terang Inggit ketika ditemui Trubus.id di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/4).

Baca Lainnya : Peneliti Temukan Spesies Tumbuhan Baru di Kebun Raya Bogor, Apa Saja?

Inggit menuturkan, salah satu spesies itu diantara adalah Murraya cyclopensis. Habitat Murraya cyclopensis sendiri ada di Cagar Alam Kemiri Said Cycloops yang berada di Kabupaten Jayapura, Papua pada ketinggian 38 meter di atas permukaan laut (mdpl). Diakuinya, Murraya cyclopensis ditemukan oleh peneliti dari Kebun Raya Bali yakni Nugrayasa.

“Pada tahun 2001, kawan saya, Nugrayasa menemukan spesies Murraya cyclopensis yang ia beri nama Murraya paniculata,” ujar Inggit.

Lebih lanjut diakuinya, Murraya paniculata ini merupakan kerabat dekat dari tanaman jeruk. Seitu, spesies Muraya lain yang ada di tanah air adalah spesies Muraya crenulata. Inggit menjelaskan, sebarannya ditemukan sepanjang Jepara sampai ke Lumajang, Jawa Timur.

Baca Lainnya : Miliki Spesies Terbanyak di Dunia, Indonesia jadi Pusat Keragaman Begonia

“Beberapa tahun kemudian, setelah Indonesia merdeka, teman-teman di Kebun Raya Purwodadi mengoleksi Murraya crenulata yang ditemuan dari Malang selatan,” ucap Inggit.

Inggit menambahkan, untuk spesies Murraya crenulata yang saat ini ada di Kebun Raya Bogor, ia bawa dari bentuk biji. Peneliti juga menemukan bahwa ternyata spesies ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kadar darah dalam tubuh.

“Tugas kami di sini adalah untuk konservasi, ketika kita akan melanjutkan lebih jauh, kita harus bekerja sama dengan peneliti-peneliti yang memang mepunyai keahlian baik itu di dalam bidang kimia ataupun pemanfaatan lainnya, jadi kita tidak bisa sendiri,” tuturnya. [RN]

  

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 26 April 2019 - 14:43

Minimal Depo 20rb & WD 50rb WA : [+855]964630067 hanya di WWWoAREATOTOoPRO

Artikel Terkait

Sedotan Unik Non-Plastik Berbahan Pasta

Hernawan Nugroho   Plant & Nature
Bagikan:          
Bagikan: