Spesies Begonia yang Baru Ditemukan di Sulawesi Punya Senyawa Anti Kanker

TrubusLife
Astri Sofyanti
25 April 2019   16:30 WIB

Komentar
Spesies Begonia yang Baru Ditemukan di Sulawesi Punya Senyawa Anti Kanker

Salah satu spesies BEgonia di Kebun Raya Bogor. (Trubus.id/ Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Indonesia memiliki spesies tanaman Begonia paling banyak di dunia. Menurut data dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, saat ini Indonesia memiliki 400 spesies dari 1.930 spesies Begonia yang ada di dunia. 

Selama ini di Tanah Air, Begonia banyak dijadikan tanaman hias. Sementara di China, Begonia banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuat teh. Namun demikian, di balik keindahan Begonia juga tersimpan khasiat yang sangat bermanfaat bagi manusia. 

Peneliti Begonia dari Pusat Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, Wisnu Aji Handoyo menjelaskan, ada beberapa spesies Begonia yang bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat tradisional. Spesies Begonia yang bisa dimanfaatkan sebagai obat ini merupaka spesies baru yang ditemukan di Sulawesi.

“Ada jenis Begonia baru di Sulawesi yang digunakan oleh warga lokal sebagai obat tradisional. Saat ini jenis tersebut tengah diteliti oleh rakan-rekan di Tadulako karena diketahui jenis ini memiliki kandungan senyawa anti kanker,” kata Wisnu, di Kebun Raya Bogor, Kamis (25/4).

Lebih lanjut dirinya menamai Begonia yang memiliki senyawa anti kanker itu dengan nama Begonia medicinalis. Tak hanya itu, manfaat lain Begonia selain memiliki senyawa anti kanker, juga bisa digunakan sebagai bumbu penyedap.

“Begonia juga bisa dimanfaatkan sebagai penyedap pada masakan karena memiliki rasa asam. khususnya untuk masakan udang hingga ayam,” tambah Wisnu. [RN]

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: