Belasan Mumi Tikus Ditemukan di Makam Kuno Berusia 2000 Tahun

TrubusLife
Karmin Winarta | Followers 0
24 April 2019   09:44

Komentar
Belasan Mumi Tikus Ditemukan di Makam Kuno Berusia 2000 Tahun

Belasan mumi tikus yang ditemukan di makam (news.sky.com)

Trubus.id -- Di era Yunani Kuno beragam mumi hewan ditemukan di dalam makam seseorang. Mulai dari elang, anjing, kucing, termasuk tikus. Apakah hewan-hewan tersebut merupakan hewan piaraan orang yang sudah meninggal tersebut?

Beberapa hari lalu, ditemukan belasan mumi tikus di sebuah makam sepasang suami isteri di Mesir. Makam penguburan itu ditemukan setelah pihak berwenang memergoki kawanan pencuri yang sedang menggali makam di wilayah yang diangap situs bersejarah. Makam itu diperkirakan berusia sekitar 2.000 tahun.

Pihak yang berwenang Mesir mengatakan, mereka menemukan sisa-sisa mumi beberapa burung, tikus serta sepasang suami istri yang bernama TuTu dan istrinya T-Cheret Isis, seorang pejabat tinggi.

Makam itu terdiri dari dua ruangan di bawah tanah dengan berbagai dekorasi, termasuk "cakram bersayap matahari" dan cakram lain dengan nama "Horus, Dewa Surga"..

Nama dua penghuni makam dan orangtua mereka juga tertulis di bagian dalam.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan piihak yang berwenang Mesir mengatakan, "Pemakaman ini dalam kondisi baik dan ditandai dengan keindahan ukiran dan warna-warnanya yang cerah".

"Di kedua sisi pintu masuk, dua adegan dewa Anubis diterima oleh Tutu dan Isretis". 

Makam ini berada di kota kecil yang mempunyai nilai sejarah, Akhmim. Kota ini merupakan rute perdagangan kuno. Kota ini dikenal oleh orang Yunani sebagai Herodotus dan Strabo yang terkenal karena tekstilnya.

Kota ini juga menjadi pusat komunitas Koptik dan ketika dilakukan sensus pada tahun 1907,  ternyata kota ini merupakan kota yang terbesar di tepi timur Sungai Nil di Mesir Hulu. 

Tak ada penjelasan lebih lanjut mengenai mumi hewan yang disertakan dalam penguburan pejabat tinggi tersebut. 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Keren, Ada Kandang Anjing Ramah Lingkungan

Diah Fauziah   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan:          

Mau Mudik dengan Hewan Peliharaan, Ini Tipsnya

Diah Fauziah   Pet & Animal
Bagikan: