Mendaki Gunung Tanpa Jejak Sampah Bisa Kok, Ini 3 Tipsnya

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
23 April 2019   12:30

Komentar
Mendaki Gunung Tanpa Jejak Sampah Bisa Kok, Ini 3 Tipsnya

Pemandangan sampah di Gunung Rinjani (Istimewa)

Trubus.id -- Sampah menjadi musuh bagi semua orang tapi sampah juga dihasilkan karena perbuatan manusia. Bahkan gunung yang seharusnya bebas sampah juga tak luput dari masalah sampah yang dibawa oleh para pendaki.

Baru-baru ini, pendaki gunung sekaligus pegiat Zero Waste Adventure, Siska Nirmala menggagas ekspedisi zero waste demi mengurangi sampah saat mendaki gunung. Bahkan dirinya juga mengajak semua orang yang memiliki hobi naik gunung untuk melakukan hal serupa demi menjaga lingkungan di gunung agar terbebas dari persoalan sampah.

Sejak tahun 2010 Siska seolah kecanduan mendaki. Seperti kebanyakan pendaki lainnya, ia selalu membawa banyak perbekalan mulai dari air mineral kemasan, makanan ringan, hingga mie instan. Ketika turun dirinya sudah pasti memanggul banyak sampah kemasan sisa perbekalannya.

Tapi ketika mendaki Gunung Rinjani pada tahun 2011, Siska disuguhi pemandangan mengerikan. Betapa tidak, di Gunung Rinjani tepatnya saat dirinya menyusuri jalur Sembalun, banyak tercecer sampah plastik seperti botol air plastik, styrofoam, bungkus makanan hingga bungkus cokelat.

Kondisi ini membuatnya kesal, pemandangan alam indah di Gunung Rinjani menjadi kotor karena banyak sampah. Ia sadar, dirinya juga berperan menghasilkan sampah.

Mulai saat itu ia tak lagi membawa perbekalan dengan menggunakan plastik. Menurutnya, seorang pendaki gunung sangat mungkin untuk mendaki tanpa menghasilkan sampah atau membuang sampah sembarangan di atas gunung.

Untuk itu, dirinya memberikan tips bagi pendaki gunung agar tak meninggalkan sampah selama pendakian. Berikut ulasannya:

1. Hitung Kalori yang Dibutuhkan

Sebelum mendaki gunung, sebaiknya kita menggitung jumlah kalori yang dibutuhkan selama pendakian. Hal ini sangat berkaitan dengan jumlah perbekalan yang nantinya dibawa selama perjalanan.

2. Usahakan Perbekalan tidak Menghasilkan Sampah

Menurutnya, mendaki gunung tanpa menghasilkan sampah sama halnya dengan gaya hidup zero waste, yakni mengurangi penggunaan bahan makanan yang menghasilkan sampah.

"Bawa perbekalan yang tidak menghasilkan sampah contohnya mie instan, makanan kaleng," ujar Siska.

3. Bawa botol air isi ulang

Jika ingin mendaki gunung, siapkan tumbler atau botol air minum yang dapat diisi ulang kembali, sehingga tidak meninggalkan sampah botol plastik di perjalanan.

"Sampah dari botol mineral merupakan sampah terbesar yang memenuhi gunung-gunung di Indonesia," jelas Siska.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: