Mengejutkan, Burung Garuda Lahir di Gunung Gede Pangrango

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
23 April 2019   11:00

Komentar
Mengejutkan, Burung Garuda Lahir di Gunung Gede Pangrango

Burung Elang Jawa lahir di Gunung Gede Pangrango (Dok.TNGGP)

Trubus.id -- Salah seorang Ranger di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Bogor, Jawa Barat menemukan satwa endemik Indonesia yakni Elang Jawa atau yang identik dengan burung Garuda sebagai lambang Negara Kesaturan Republik Indonesia (NKRI).

Berdasarkan keterangan resmi yang dikeluarkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Senin (22/4), tim monitoring di TNGGP juga menemukan sarang satwa endemik tersebut.

Elang jawa (Nisaetus bartelsi) merupakan salah satu raptor yang masuk ke dalam kategori terancam punah dalam IUCN Red List dan ditetapkan sebagai satwa dilindungi sesuai Peraturan Menteri LHK Nomor 106 tahun 2018.

“Ahamdulillah, gembira kuadrad ini mah, sarang baru termasuk anaknya berhasil terpantau,” demikian disampaikan Mukti, salah satu anggota tim lewat keterangan pers Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Diakui Mukti, sarang burung Garuda ini pertama kali terpantau sejak 13 April 2919 lalu, kemudian kembali terpantau pada 18 April lalu.

“Kami perkirakan usia si anak elang jawa ini berkisar 1 sampai 2 minggu,” tambahnya.

Meski menggembirakan, tim pemantau tak bisa terlalu sering mengamati sarang Elang Jawa ini dari jarak dekat. Sebab, jika diamati dengan jarak yang sangat dekat, dikhawatirkan bisa menggangu kelangsungan hidup dan aktivitasnya.

TNGGP telah memasukkan burung “Garuda” ini ke dalam salah satu daftar satwa prioritas TNGGP untuk ditingkatkan jumlah populasinya sejak tahun 2015 sampai 2019.

Diinformasikan bahwa Elang Jawa merupakan salah satu indikator kesehatan ekosistem. Jika elang jawa masih bisa melahirkan “juniornya”, maka ini merupakan secerah harapan bahwa masih ada "rumah” ternyaman bagi elang jawa, salah satunya adalah TNGGP.

Menanggapi hal tersebut, Wahju Rudianto, Kepala Balai Besar TNGGP mengungkapkan, keberadaan elang jawa bersama jenis satwa dilindungi lainnya merupakan salah satu nilai penting mengapa kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango perlu dipertahankan sebagai hutan konservasi.

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 23 April 2019 - 14:10

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan: