Bahaya Mengintai Jika Kamu Tak Sengaja Telan Air Kolam Renang

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
23 April 2019   10:08

Komentar
Bahaya Mengintai Jika Kamu Tak Sengaja Telan Air Kolam Renang

Ilustrasi berenang (SolisImages)

Trubus.id -- Siapa yang suka berenang? Pasti banyak diantara Trubus Mania yang menyukai olahraga air ini.  Sebab berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat menyehatkan. Kegiatan ini bahkan tak hanya disukai anak-anak tapi juga orang dewasa.

Selain itu, banyak manfaat yang akan kita dapatkan jika kita rutin melakukan olahraga air ini. Sebab, ketika berenang seluruh anggota tubuh kita bergerak aktif.

Tapi yang menjadi masalah terkadang kita secara tidak sengaja menelan air kolam renang. Mungkin sebagian dari kamu menganggap hal ini bukan masalah besar. Tapi tahukah kamu sejumlah bahaya mengintai jika kamu menelan air kolam renang.

Seberapa bahaya sih menelan air kolam renang, mengutip National Geographic berikut bahayanya:

1. Mengandung Bakteri

Tanpa kita sadari meminum air kolam renang itu ternyata berbahaya untuk kesehatan kita, terlebih kamu yang melakukan olahraga ini setiap hari. Hal ini karena air kolam renang mengandung banyak kuman serta bakteri.

2. Air Kolam Renang Terkontaminasi Urine

Siapa suka buang air kecil di dalam kolam renang? Hampir mayoritas orang, terutama anak-anak pasti pernah melakukannya.  Air kolam renang yang mengandung urine ini jika tertelan bisa menjadi sumber penyakit. Hasil penelitian yang dilakukan oleh WebMD menunjukkan, tidak ada air kolam renang yang benar-benar bersih dari kontaminasi urine.

3. Keracunan kaporit

Kita pasti tahu kolam renang akan diberikan cairan kimia yakni kaporit. Nah, cairan kimia ini berbahaya bagi tubuh jika tertelan. Kaporit sendiri berfungsi untuk membersihkan air kolam dari segala macam bakteri. Tapi masalahnya, kaporit yang telah tercampur dengan urine atau keringat jika terletan akan menyebabkan keracunan.

Keracunan yang disebabkan oleh kaporit bisanya ditandai dengan gejala seperti, batuk, sulit bernapas, ada sensasi terbakar pada mulut, nyeri tenggorokan hingga perut dan muntah-muntah.

4. Diare

Selain keracunan kaporit, gangguan lain yang bisa timbul akibat menelan air kolam renang yakni diare. Meski kolam renang rutin dibersihkan, tetap saja tidak sepenuhnya bebas dari bakteri.

Shigella, cryptosporidium, dan E. coli hanyalah sedikit dari banyaknya bakteri di kolam renang. Beberapa bakteri ini berasal dari kotoran manusia yang dapat menyebar saat anda tak sengaja menelan air kolam yang terkontaminasi feses.

Jadi Trubus Mania meskipun berenang itu menyenangkan, kamu harus tetap waspada jangan sampai menelan air kolam renang.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Nangka, Jadi Superfood yang Bisa Membunuh Sel Kanker

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan:          

Ternyata, Orang yang Puasa Rentan Sariawan

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan: