1 dari 4 Kura-kura Langka yang Tersisa di Bumi, Mati Usai Diinseminasi

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
17 April 2019   16:00

Komentar
1 dari 4 Kura-kura Langka yang Tersisa di Bumi, Mati Usai Diinseminasi

Kura-kura Yangtze softshell (tempurung lunak). (BBC News)

Trubus.id -- Kabar duka datang dari Kebun Binatang Suzhou di China Selatan. Seekor kura-kura langka yang menghuni kebun binatang itu ditemukan mati belum lama ini. Yang menyedihkan, kura-kura yang diperkirakan berusia 90 tahun itu adalah satu dari 4 jenis kura-kura terlangka yang masih ada di atas bumi. Dengan kematiannya, kini hanya tersisa 3 ekor kura-kura sejenis di dunia ini.

Kura-kura langka ini adalah kura-kura jenis Yangtze softshell atau dikenal pula dengan sebutan Rafetus Swinhoei. Kura-kura bertempurung lunak ini bisa tumbuh hingga berukuran sangat besar. 

Baca Lainnya : Diperkirakan Punah 100 Tahun, Kura-kura Raksasa Ditemukan Hidup

Dilansir dari BBC, kura-kura ini sendiri ditemukan dalam kondisi mati setelah peneliti mencoba membuahinya untuk kepentingan konservasi.  Para ahli sebelumnya diketahui telah mencoba membuahi kura-kura itu secara artifisial untuk kelima kalinya sampai sesaat sebelum dia mati.

Spesies ini terancam punah karena perburuan, penangkapan ikan yang berlebihan, serta perusakan habitatnya. Seekor kura-kura jantan yang masih tersisa berada di kebun binatang China, sementara dua ekor kura-kura lainnya hidup di alam liar di Vietnam.

Baca Lainnya : Kura-Kura Lumpur Hampir Punah, Hanya Tersisa 100 Spesies

Sifat kura-kura yang sulit dipahami ini membuatnya sulit untuk diidentifikasi jenis kelaminnya. Staf lokal dan para ahli internasional telah berupaya untuk membuahi kura-kura betina ini 24 jam sebelum dia mati.

Mereka mengatakan tidak ada komplikasi akibat operasi dan kura-kura itu didiagnosa dalam keadaan sehat, tetapi kondisinya memburuk pada hari berikutnya. Penyebab kematiannya sedang diselidiki dan jaringan ovariumnya dikumpulkan untuk penelitian di masa depan. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 19 April 2019 - 13:56

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan: