Peduli Lingkungan, Begini Aksi Rampok Plastik Ala Dian Sastro 

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
16 April 2019   10:00

Komentar
Peduli Lingkungan, Begini Aksi Rampok Plastik Ala Dian Sastro 

Dian Sastr beraksi di Bundaran HI (IG: @therealdisastr)

Trubus.id -- Sampah merupakan ancaman serius jika dibiarkan menumpuk dan tidak dikekola dengan baik. Kurangnya tempat pembuangan sampah dan minimnya kesadaran masyarakat membuat orang membuang sampah di sembarang tempat. Ada yang dibakar dan dibuang ke jalan atau ke sungai. Itu semua mengakibatnya terjadinya pencemaran pada tanah, udara dan air, yang akhirnya akan berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Tapi belakangan ini, masyarakat urban mulai mengubah gaya hidup mereka dengan mengurangi pemakaian plastik untuk mengurangi volume sampah. Tren gaya hidup masyarakat urban ini juga sudah diterapkan oleh sejumlah kalangan termasuk selebriti.

Salah satu selebriti yang juga peduli akan lingkungan dan menerapkan gaya hidup sehat yakni Dian Sastro. Aktris ini turut ikut andil dalam menjaga lingkungan dengan melakukan aktivitas membersihkan sampah.

Bahkan Dian Sastro rela mengotori tangannya untuk mengumpulkan sampah plastik di Bunderan Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, pada saat car free day (CFD) setiap minggunya.

Ibu dua anak ini belakangan rutin melakukan aksi “rampok plastik” yang digawangi oleh Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) di Car Free Day.

Rampok plastik sendiri merupakan salah satu aksi nyata seseorang meminta plastik sekai pakai yang dibawa masyarakat untuk ditukarkan dengan tas ramah lingkungan yang telah disediakan penyelenggara.

Aksi nyata jaga lingkungan ini dilakukan setiap minggunya di Car Free Day dengan titik kumpul di Plaza Indonesia. Aksi tersebut dilakukan dalam waktu 40 menit saja berhasil mengumpulkan sampah plasti sebanyak 1000 kantong plastik.

“Kesadaran untuk menjaga bumi dari sampah berlebih harus dilakukan melalui pendekatan personal, yang bertujuan mengubah pola konsumsi setiap pribadi agar lebih ramah lingkungan,” kata Direktur Eksekutif GIDKP Tiza Mafira dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (16/4).

Lebih lanjut dirinya berharap kegiatan ini akan mengadakan berbagai kolaborasi yang bertujuan mengubah pola konsumsi masyarakat untuk mengurangi sampah plastik yang mengancam kelestarian bumi.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: