Ilmuwan Berhasi Pecahkan Misteri Laba-laba Raksasa yang Tinggal di Laut Dalam

TrubusLife
Astri Sofyanti
15 April 2019   13:32 WIB

Komentar
Ilmuwan Berhasi Pecahkan Misteri Laba-laba Raksasa yang Tinggal di Laut Dalam

Laba=laba laut (Istimewa)

Trubus.id -- Baru-baru ini, para ilmuwan  melakukan penelitian laba-laba yang hidup di perairan kutub. Mereka menemukan hal yang mengejutkan. Laba-laba laut, makhluk unik ini mamput tumbuh  dan berkembang mencapai panjang 50 senti meter.  

Para ilmuwan telah memecahkan salah satu misteri terbesar makhluk-makhluk raksasa yang hidup di laut dalam, yakni bagaimana cara mereka mampu bertahan hidup dan tumbuh semakin besar di suhu yang dingin.

Para peneliti telah menyelidiki apa yang dikenal sebagai hipotesis suhu oksigen yang menunjukkan, makhluk yang hidup di air sangat dingin dapat tumbuh besar. Sebab, hewan ini memiliki metabolisme yang lambat, dan air laut yang bersuhu dingin mampu menampung lebih banyak oksigen ketimbang suru air laut yang hangat.

Tapi yang ditemukan para ilmuwan justru tak demikian, mereka bahkan menemukan, semakin besar makhluk itu, maka semakin keroposlah exoskeletonnya, sehingga memungkinkannya untuk dapat menyerap lebih banyak oksigen.

"Exoskeleton yang sangat besar terlihat hampir seperti keju Swiss," ungkap siswa doctoral bernama Caitlin Shishido. 

"Kami kagum hewan-hewan raksasa ini tidak hanya dapat bertahan hidup pada suhu yang jauh lebih dingin, tetapi mereka juga mampu bertahan pada  suhu hangat seperti makhluk yang lebih kecil," sambungnya.

Bahkan Shishido mengungkapkan hal seperti ini tak seharusnya terjadi. Karena seharusnya hewan yang tumbuh semakin besar seharusnya akan menghabiskan pasokan oksigen mereka. Menurutnya ini merupakan salah satu bagian dari misteri alam. Di manapun makhluk hidup tinggal, ia akan mampu menyesuaikan dirinya di tempat ia berada dan mengadaptasikan diri dengan organ tubuhnya.

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Serangan Migrain Sebelah Kiri Kepala, Apa Artinya, Ya?

Health & Beauty   12 Des 2019 - 12:16 WIB
Bagikan:          

Lautan Telah Kehilangan Oksigen Pada Tingkat Yang Mengkhawatirkan

Plant & Nature   12 Des 2019 - 15:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan: