Fenomena Pink Moon Segera Hadir, Catat Tanggalnya

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
15 April 2019   10:30

Komentar
Fenomena Pink Moon Segera Hadir, Catat Tanggalnya

Fenomena astronomi langka, pink moon (Istimewa)

Trubus.id -- Fenomena astronomi Pink Moon sebentar lagi akan menghiasi angkasa. Karena fenomena ini cukup langka, Trubus Mania sebaiknya tak melewatkan peristiwa alam ini begitu saja.  

Pink Moon akan menghiasi angkasa pada Jumat 19 April 2019 mendatang. Tapi yang harus kalian tahu adalah, meski namanya Pink Moon bukan berarti bulan akan menampakkan diri dengan warna pink atau merah muda loh.

Lalu kenapa fenomena langka ini diberi nama Pink Moon, padahal tidak berwarna merah muda?

Mengutip Mirror, Senin (15/4), Pink Moon merupakan fenomena bulan purnama yang akan terjadi pada bulan April setiap tahunnya. Fenomena ini terjadi menandai kemunculan sejenis lumut, yang disebut lumut merah muda (pink moss).

Julukan Pink Moon sendiri ternyata erat kaitannya dengan suku-suku asli di Amerika.

Tapi ada juga yang menyebut, kemunculan Pink Moon ini terjadi bersamaan denan mekarnya bunga dari spesies Wild Ground Phlox yang menjadi pertanda awal musim semi. Sebab, bunga ini berwarna merah muda.

Jadi istilah Pink Moon bukan karena bulan akan memancarkan warna merah muda, tapi karena kemunculannya bersamaan dengan fenomena alam yang berwarna merah muda.

Bahkan di sejumlah negara lain, fenomena ini disebut Fish Moon. Sebab, kemunculannya bersamaan dengan waktu ikan-ikan berenang ke hulu untuk bertelur. Juga ada julukan Sprouting Moon Grass, karena pada bulan ini rumput tumbuh dengan suburnya.

Fenomena alam Pink Moon akan dimulai pada pukul 12.12 BST. Sementara di Indonesia sendiri, kemunculan Pink Moon diperkirakan pukul 06.12 WIB. 

Diperkirakan seluruh orang di belahan dunia manapun bisa melihat fenomena Pink Moon ini, karena ini merupakan bulan purna yang terjadi setiap tahunnya.

 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 15 April 2019 - 13:08

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 BBM : 2B1E7B84

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Menilik Potensi Kekayaan Sumber Daya Laut Indonesia

Astri Sofyanti   Plant & Nature
Bagikan: