Daun Sage dan Basil, Obat Herbal Alami untuk Membersihkan Ginjal

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
14 April 2019   19:30

Komentar
Daun Sage dan Basil, Obat Herbal Alami untuk Membersihkan Ginjal

Selain untuk penyedap masakan, daun sage juga bagus untuk membersihkan ginjal. (Istimewa)

Trubus.id -- Ginjal merupakan salah satu organ yang bertanggung jawab untuk membersihkan zat beracun dan mengeluarkannya melalui urine. Untuk itu, sangat penting menjaga peran ginjal agar tidak terkena penyakit kronis atau degeneratif.

Yah, jika ginjal harus bekerja terlalu banyak, mereka mungkin memiliki kelebihan beban dan melemah. Karenanya, sangat penting membantu tubuh dengan membersihkan ginjal agar tetap sehat. 

Beberapa cara yang mungkin bisa kamu lakukan untuk membersihkan ginjal adalah dengan diet seimbang dan menggunakan dua bahan alami yang memiliki sifat diuretik dan detoksifikasi. Dua bahan alami tersebut bisa kamu temukan pada daun sage dan basil.

Baca Lainnya : Ini Cara Kerja Ginjal dan Usaha Terbaik untuk Menjaga Kesehatannya

Basil bukan hanya herba aromatik untuk masakan tapi juga kaya akan vitamin B1, vitamin E dan mineral seperti kalium dan kalsium. Plus, basil juga mengandung antioksidan dan serat. Basil sangat efektif terhadap ginjal berkat kandungan potasiumnya. Ini juga mendukung penghapusan cairan dan racun dengan meningkatkan jumlah urine.

Dilansir dari berbagai sumber, secara umum, basil meningkatkan kesehatan ginjal dan membantu memecah batu ginjal. Orang yang rentan mengalami kolik dapat mencegahnya dengan rutin mengonsumsi basil.

Sementara daun sage adalah obat yang bagus untuk mengobati gangguan pernapasan dan pencernaan. Ramuan aromatik ini juga sangat baik untuk membersihkan ginjal karena sifat diuretik dan pemurniannya. Mengonsumsinya secara rutin dalam jumlah yang tepat dapat mendukung detoksifikasi melalui pengurangan cairan. Ini juga dapat memerangi pembengkakan, peradangan dan edema.

Baca Lainnya : Penyakit Ginjal pada Ibu Hamil Ancam Kelahiran Prematur dan Kematian

Adapun cara untuk membuat ramuan detoks dari daun basil dan sage yaitu hancurkan atau tumbuk 10 lembar daun basil segar dan 5 daun sage segar. Tambahkan 200 ml air ke dalam daun yang sudah dihancurkan, tambahkan satu sendok makan madu. Minum ramuan ini setidaknya 30 menit sebelum sarapan atau makan apapun di pagi hari.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari ramuan detoks tersebut, Anda perlu melakukan beberapa hal tambahan seperti minum 6-8 gelas air setiap hari, batasi konsumsi garam dan susu, tingkatkan asupan sayuran mentah, olahraga untuk mempercepat metabolisme, perbanyak jumlah keringat yang keluar serta jaga agar daerah di sekitar ginjal tetap hangat karena organ ini sangat sensitif terhadap dingin. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: