Studi Terbaru: 20 Menit Menikmati Alam, Obat Terbaik Menurunkan Stres

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
14 April 2019   22:30

Komentar
Studi Terbaru: 20 Menit Menikmati Alam, Obat Terbaik Menurunkan Stres

Ilustrasi (The Adventure Junkies)

Trubus.id -- Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Frontier in Psychology menungkapkan, menikmati alam selama 20 menit mampu menjadi obat stres bagi manusia. Studi ini sendiri merupakan penelitian pertama yang menetapkan berapa dosis efektif pengalaman menyatu dengan alam untuk menghilangkan stres ini. Dalam penelitian tersebut juga disebutkan,  obat stres 'pil alam' dapat diperoleh di perkotaan dan efeknya terukur.

"Kita tahu menghabiskan waktu di alam mengurangi stres, tetapi sampai sekarang tidak jelas berapa lama durasi waktu yang cukup, seberapa sering melakukannya, atau bahkan pengalaman alam seperti apa yang akan menguntungkan kita," kata Associate Professor di Universitas Michigan dan penulis utama penelitian MaryCarol Hunter dilansir dari Science Daily.

Studi tersebut juga menemukan, hasil terbaik dalam mengurangi kadar hormon stres kortisol adalah menghabiskan beberapa menit waktu tambahan, 20-30 menit di tempat yang memberi suasana alami.

Baca Lainnya : Stres, Inilah 5 Cara Alami untuk Bersantai di Akhir Pekan

"Pil alam" adalah solusi berbiaya rendah untuk mengurangi dampak pertumbuhan urbanisasi dan gaya hidup dalam ruangan yang didominasi tampilan layar. Untuk membantu praktisi kesehatan untuk mengurangi stres berbasis bukti. Hunter dan rekan-rekannya merancang percobaan yang akan memberikan perkiraan realistis dari dosis efektif.

Selama periode delapan minggu, peserta diminta untuk menikmati alam dengan durasi 10 menit atau lebih, setidaknya tiga kali seminggu. Tingkat kortisol, hormon stres, diukur dari sampel air liur yang diambil sebelum dan sesudah melakukan kegiatan ini setiap dua minggu sekali.

"Peserta bebas memilih waktu, durasi, dan tempat pengalaman alami mereka. Tempat alami didefinisikan di mana saja di luar ruangan yang membuat mereka merasa berinteraksi dengan alam," ungkap Hunter.

Baca Lainnya : Awas, Stres Bisa Pengaruhi Kecantikan Kulit Loh

Ada beberapa kendala untuk meminimalkan faktor yang mempengaruhi stres yaitu menikmati alam di siang hari, tidak ada latihan aerobik, dan menghindari penggunaan media sosial, internet, panggilan telepon, percakapan dan membaca.

Selama studi, peserta memiliki fleksibilitas menyangkut berapa durasi optimal di alam, kapan dan di mana dilakukan, yang disesuaikan dengan kehidupan modern yang normal, dengan ketidakpastian dan jadwal aktivitas yang sibuk.

"Kami mengakomodasi perbedaan sehari-hari dalam status stres peserta dengan mengumpulkan empat foto perubahan kortisol akibat 'pil alam'," kata Hunter.

Hal tersebut memungkinkan periset mengidentifikasi dan menjelaskan dampak penurunan kortisol yang berlangsung secara alami seiring berjalannya hari. Peneliti juga membuat perkiraan durasi efektif 'pil alami' yang dapat diandalkan.

Baca Lainnya : Bekerja di Akhir Pekan Berisiko Depresi dan Stres

Hasilnya, dari data yang diperoleh terungkap, menikmati alam selama 20 menit sudah cukup secara signifikan mengurangi kadar kortisol. Tetapi jika menghabiskan sedikit lebih banyak waktu di alam, antara 20-30 menit, kadar kortisol akan menurun pada tingkat terbesar. Setelah itu, manfaat pengurangan stres terus bertambah namun dengan tingkat lebih lambat. 

"Praktisi kesehatan dapat menggunakan hasil kami sebagai aturan praktis berbasis bukti tentang apa yang harus dimasukkan dalam resep 'pil alam'," kata Hunter lagi.

Hunter berharap penelitian ini akan menjadi dasar penelitian lebih lanjut di bidang ini. Pendekatan eksperimental tersebut, menurut Hunter dapat dipakai sebagai alat untuk menilai bagaimana usia, jenis kelamin, musim, kemampuan fisik dan budaya mempengaruhi efektivitas pengalaman alam pada kesejahteraan.

"Ini akan memungkinkan resep 'pil alam' yang disesuaikan, serta wawasan yang lebih dalam tentang bagaimana untuk merancang kota dan program kesejahteraan bagi publik." tandasnya. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 15 April 2019 - 13:08

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 BBM : 2B1E7B84

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Malapetaka Bagi Kamu yang Suka Bawa Ponsel ke Toilet

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan: