Mengenal Kambing Hutan Sumatera, Satwa Langka yang Diambang Punah

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
14 April 2019   11:35

Komentar
Mengenal Kambing Hutan Sumatera, Satwa Langka yang Diambang Punah

Kambing Hutan Sumatera. (Istimewa)

Trubus.id -- Kambing merupakan salah satu hewan ternak penyokong kebutuhan protein hewani manusia. Di Indonesia, kambing sengaja diternak dan disembelih untuk didapat dagingnya. 

Namun ternyata, tidak semua kambing di negeri ini boleh disembelih. Contohnya Kambing hutan sumatera yang memiliki nama ilmiah Capricornis sumatraensis ini. Kambing ini adalah kambing langka yang dilarang untuk ditangkap apalagi disembelih karena dilindungi oleh pemerintah.

Kambing hutan sumatera berbeda dengan kambing biasa. Badannya kekar dan mirip anak kerbau. Moncongnya juga mirip moncong kerbau. Sedangkan tanduknya lurus, seperti tanduk antelop.

Baca Lainnya : Pria Ini Bayar Rp1,5 Miliar agar Dapat Izin Berburu Kambing Gunung Langka di Pakistan

Kambing hutan sumatera hidup di alam bebas dan hanya terdapat di hutan Sumatera. Keberadaan kambing hutan ini sudah sangat langka, bahkan oleh International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN), kambing ini sudah dinyatakan terancam punah.

Kambing hutan sumatera memang sudah sulit ditemukan. Menurut catatan penelitian terdahulu, kambing ini mampu memanjat lereng-lereng terjal dan bukit-bukit kapur.

Satwa ini diperkirakan masih hidup di Taman Nasional Kerinci Seblat, Taman Nasional Batang Gadis, Taman Nasional Gunung Leuser, dan Taman Nasional Pegunungan Bukit Barisan.

Baca Lainnya : Terjawab, Ini Dia Alasan Kenapa Kambing Berbau Prengus

Umumnya, kambing hutan hanya terlihat sendirian. Menurut penelitian, kambing hutan memang termasuk satwa soliter atau suka hidup sendirian terutama yang jantan. Kambing hutan jantan akan berkeliling mencari pasangan pada saat musim kawin.

Konon, seekor kambing jantan juga memiliki wilayah tertentu dalam hutan untuk digunakannya sebagai tempat mencari makan dan berkelana. Untuk menandai wilayahnya, seekor kambing jantan  akan menandainya denga kotoran dan air seni. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Monica Chandra 14 April 2019 - 12:18

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 BBM : 2B1E7B84

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: