Sarapan Sebelum Berangkat Sekolah Terbukti Tingkatkan Prestasi Anak Loh

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
14 April 2019   06:00

Komentar
Sarapan Sebelum Berangkat Sekolah Terbukti Tingkatkan Prestasi Anak Loh

Ilustrasi (Istimewa)

Trubus.id -- Dalam debat Calon Presiden (Capres) yang digelar Sabtu (13/4) malam, masalah sarapan mendapat perhatian serius Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandia Uno. Dalam kesempatan itu Prabowo menyebut, satu dari tiga anak Indonesia tidak sarapan pagi karena kurang mampu.

"Menurut studinya Gubernur DKI, satu dari tiga anak di Ibu Kota republik ini tidak makan pagi, Pak. Mereka ke sekolah tidak makan pagi karena kurang mampu," kata Prabowo dalam debat capres kelima di Hotel Sultan malam itu.

Patut diketahui, sarapan pagi untuk anak-anak usia sekolah memang sangat penting. Meninggalkan kebiasaan baik ini karena keterbatasan ekonomi ataupun tanpa sengaja karena takut terlambat sekolah sebaiknya dihindari.

Baca Lainnya : Sering Ngantuk Sehabis Sarapan, Ini Sebabnya

Tak hanya mencegah anak kelaparan, sarapan pagi pasalnya juga dapat meningkatkan konsentrasi anak saat di sekolah. Bahkan, anak Anda akan tumbuh berprestasi berkat rutin sarapan setiap pagi.

Dilansir dari Livestrong, banyak orang yang mengira bahwa sarapan pagi bisa bikin anak mengantuk. Katanya, hal ini bisa membuat anak jadi tidak fokus belajar di sekolah dan menurunkan prestasinya.

Padahal yang terjadi justru sebaliknya. Manfaat sarapan pagi bukan hanya memberikan energi tambahan bagi anak dalam mengawali hari, tapi juga bikin anak lebih semangat dan fokus belajar di kelas.

Baca Lainnya : Ingin Tetap Sehat, Jangan Lewatkan Lagi Sarapanmu!

Ibarat mobil, sarapan pagi bertindak sebagai bensin alias bahan bakar yang memastikan fungsi organ tubuh berjalan optimal. Tak hanya menjaga kesehatan anak secara fisik, manfaat sarapan pagi juga bisa bikin si kecil lebih cepat tanggap dalam belajar.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa anak-anak yang rajin sarapan pagi cenderung lebih fokus dalam belajar, ketimbang anak yang tidak sarapan. Energi yang berasal dari asupan karbohidrat pada menu sarapan membuat anak lebih aktif berdiskusi, mampu menangani masalah kompleks di kelas, dan bahkan mendapatkan nilai yang lebih baik. Begitu menurut dr. William Sears, seorang dokter anak asal California, Amerika Serikat. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Monica Chandra 14 April 2019 - 12:17

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 BBM : 2B1E7B84

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: