Agar Berwawasan, Ilmuwan China Tambahkan Gen Manusia ke Otak Monyet

TrubusLife
Diah Fauziah
12 April 2019   15:00 WIB

Komentar
Agar Berwawasan, Ilmuwan China Tambahkan Gen Manusia ke Otak Monyet

Ilustrasi. (Science)

Trubus.id -- Sekelompok ilmuwan China di Institut Zoologi Kunming dan Akademi Ilmu Pengetahuan China yang bekerja sama dengan peneliti di University of North Carolina, Amerika Serikat, telah menanamkan gen otak manusia ke dalam monyet untuk memberikan wawasan tentang evolusi unik kecerdasan manusia.

Menurut AFP, para peneliti memasukkan Microcephalin (MCPH1) versi manusia, sebuah gen yang diyakini memiliki peran penting dalam perkembangan otak manusia pada 11 monyet resus.

Baca Lainnya : China Kloning Monyet yang Disunting Gen untuk Penelitian Gangguan Tidur

"Seperti halnya manusia, otak monyet butuh waktu lebih lama untuk berkembang. Dan, hewan-hewan itu bekerja lebih baik dalam tes memori jangka pendek serta waktu reaksi dibandingkan monyet liar," kata peneliti.

Namun, monyet-monyet tersebut tidak menumbuhkan otak yang lebih besar daripada kelompok kontrol. Tes tersebut merupakan serangkaian percobaan biomedis di China yang memicu perdebatan etika medis.

Baca Lainnya : Kuat dan Cerdas, Monyet Capuchin Bisa Jadi Asisten Orang dengan Quadriplegia

"Temuan kami menunjukkan bahwa, primata non-manusia transgenik (tidak termasuk spesies kera) berpotensi memberikan wawasan penting," jelas peneliti.

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Jangan Sepele, Begini Caranya Agar Kita Tidak Kekurangan Vitamin C

Health & Beauty   14 Des 2019 - 23:51 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: