Kasihan, Sapi Malang Ini Simpan 80 Kilogram Sampah Plastik di Perutnya

TrubusLife
Diah Fauziah
07 April 2019   10:00 WIB

Komentar
Kasihan, Sapi Malang Ini Simpan 80 Kilogram Sampah Plastik di Perutnya

Seekor sapi yang memakan sampah plastik sebanyak 80 kilogram. (Hindustan Times)

Trubus.id -- Sampah plastik telah menjadi masalah di seluruh dunia. Tidak hanya merusak pemandangan, tapi juga 'membunuh' hewan laut yang seringkali mengira jika sampah plastik yang mengambang di lautan adalah makanannya.

Dan, beberapa waktu lalu, tim dokter hewan mengeluarkan 80 kilogram limbah plastik dari perut seekor sapi di Bihar Veterinary College of Patna, India.

GD Singh, asisten profesor di departemen bedah dan radiologi sebuah perguruan tinggi, memimpin operasi sapi berusia enam tahun. Dibutuhkan tiga jam untuk membersihkan empat kompartemen lambung hewan yang sebagian besar berisi plastik dengan ketebalan di bawah empat mikron.

Baca Lainnya : Memilukan, Ribuan Penyu Mati Akibat Jeratan Sampah Plastik

“Saat ini, sapi malang itu berada dalam pemulihan. Dalam kondisi seperti itu, 10 hari ke depan sangat penting karena mikroflora rumen yang bertanggung jawab untuk seluruh pencernaan menjadi tidak aktif, menyebabkan hilangnya nafsu makan. Prognosis dalam jenis kasus ini sulit diselamatakan jika terlambat ditangani," kata Singh.

Besar kemungkinannya jika sapi tersebut mengunyah sampah plastik sebelum menelannya. Plastik yang disimpan di perut menyebabkan penyerapan nutrisi yang lambat dan komplikasi lain. Bisa menyebabkan kematian hewan.

"Ini adalah ancaman plastik," ujarnya.

Baca Lainnya : Miris, Satwa Laut Ini Makan Sampah Plastik, Salah Siapa?

Maka dari itu, ia melarang para pemilik hewan untuk membiarkan sapi ternaknya merumput di daerah perkotaan.

“Selain itu, mereka harus menghindari untuk melemparkan barang-barang yang bisa dimakan ke dalam kantong plastik. Perlu dilakukan upaya serius untuk menyebarkan kesadaran tentang dampak buruk sampah plastik terhadap lingkungan,” kata Sinngh, dikutip dari Newsflare. [DF]

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Berkebun Efektif Hilangkan Stres Hingga Menjadi Trauma Healing

Health & Beauty   10 Juli 2020 - 10:20 WIB
Bagikan: