Ternyata, Hewan Liar Bisa Terinfeksi Seksual Loh

TrubusLife
Diah Fauziah
02 April 2019   19:00 WIB

Komentar
Ternyata, Hewan Liar Bisa Terinfeksi Seksual Loh

Ilustrasi. (Pixabay/ edmondlafoto)

Trubus.id -- Bukan hanya manusia, hewan liar juga bisa terinfeksi seksual. Peneliti membuktikannya melalui eksperimental pertama dari infeksi yang ditularkan secara seksual. Hal itu diungkapkan peneliti dalam studi The Biological Journal of Linnean Society.

Sebelumnya, para ilmuwan telah secara eksperimental mengonfirmasi infeksi tersebut pada beberapa spesies domestik dan hewan peliharaan. Namun, bukti eksperimental infeksi menular seksual atau IMS pada populasi liar tidak mudah didapat.

Baca Lainnya : Wisdom, Burung Albatros Tertua di Dunia yang Masih Aktif Bereproduksi

"IMS pada hewan mungkin memiliki konsekuensi eko-evolusi yang mendalam," kata para penulis.

Untuk mendemonstrasikan penularan seksual suatu infeksi pada hewan liar, ilmuwan dari Universitas Kedokteran Hewan Wina di Austria dan Universitas Toulouse di Prancis,  Prancis, secara artifisial memblokir transfer sperma dalam kelompok burung camar.

Baca Lainnya : Perubahan Iklim Turut Pengaruhi Kembang Biak Burung House Finch

Pertama, mereka menangkap 70 pasang kittiwake kaki hitam, jantan dan betina, dari koloni liar di Alaska. Peneliti juga mengambil sampel bakteri dari lubang posterior burung, kloaka. Kemudian, mereka melengkapi 33 jantan dengan cincin khusus yang mencegahnya membuahi betina.

  2


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Berkebun Efektif Hilangkan Stres Hingga Menjadi Trauma Healing

Health & Beauty   10 Juli 2020 - 10:20 WIB
Bagikan: