Jamur Puffball Jadi Penyebab Kebakaran di Hutan Thailand

TrubusLife
Diah Fauziah
02 April 2019   14:30 WIB

Komentar
Jamur Puffball Jadi Penyebab Kebakaran di Hutan Thailand

Jamur puffball. (telegraph)

Trubus.id -- Pada Senin (1/4), terdapat 3.088 titik panas di kawasan Hulu Utara Thailand. Itulah kenapa, kawasan tersebut ditetapkan sebagai zona bencana asap. Kabarnya, jamur puffball merupakan penyebab kebakaran hutan di Thailand.

Berdasarkan gambar satelit, Badan Geo-Informatika dan Teknologi Ruang Angkasa Thailand menemukan 3.088 titik panas di sembilan provinsi utara. Di wilayah Mae Hong Son, terdapat 981 titik hotspot, diikuti Chiang Mai dengan 615 titik, Chiang Rai 370 titik api, Lampang 302 titik, Nan 219 titik, Phrae 214 hotspot, Tak 211 titik panas, Phayao 116 hotspot dan Lamphun 60 titik api.

Baca Lainnya : Fantastis, Jamur White Truffle 850 Gram Terlelang Rp1 Miliar

"Dalam dua hari terkhir, kebakaran hutan di distrik Chiang Dao dan Chiang Mai semakin buruk. Beberapa tempat di Doi Luang Chiang Dao terbakar, dengan luas mencapai 16 hektare," kata Prakasit Rawiwan, pejabat di Suaka Margasatwa Chiang Dao, dikutip dari The Nation.

Untuk memadamkan kebakaran, petugas menggunakan helikopter dari Kementerian Sumber Daya Alam dan Lingkungan.

"Kami bekerja sama dengan semua pihak untuk memadamkan api," jelasnya.

Baca Lainnya : Selundupkan Jamur Truffle, Warga Italia Didenda 1,68 Miliar

Sementara itu, Departemen Pengendalian Polusi melaporkan bahwa tingkat udara di sembilan provinsi utara berkisar antara 44 hingga 267 mikrogram (mcg) per meter kubik udara. Padahal, batas aman Thailand untuk PM2.5 adalah 50 mcg.

Menurut laporan, kebakaran hutan disebabkan oleh para pemburu yang menyalakan api untuk mencari jamur puffball. Karena itu, supermarket di Chiang Mai, Rimping, mengonfirmasi jika mereka tidak akan lagi menjual jamur puffball kalengan sampai dapat dibuktikan bahwa produk tersebut tidak menyebabkan kebakaran hutan dan kabut asap. [DF]

 

 

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

4 Tips Melindungi Anak dari Kejahatan Seksual

Health & Beauty   02 Juli 2020 - 17:38 WIB
Bagikan:          
Bagikan: