Sentuh Hewan Landak Terancam Kena Bakteri Salmonella

TrubusLife
Thomas Aquinus
31 Mar 2019   14:00 WIB

Komentar
Sentuh Hewan Landak Terancam Kena Bakteri Salmonella

Menyentuh hewan landak terancam bakteri salmonella (Pixabay/Silvo)

Trubus.id -- Penduduk Amerika Serikat baru-baru ini dikabarkan banyak mengalami jatuh sakit akibat bakteri yang ada di hewan landak.

Dilansir Dailymail, Sabtu (30/3), Departemen Kesehatan dan Pelayanan Masyarakat, Amerika Serikat memberi peringatan kepada masyarakat yang memelihara landak, untuk tidak mencium hewan berduri tersebut.

Diketahui pada pekan ini sebanyak enam orang menambah daftar kasus penyakit yang disebakan oleh bakteri salmonella yang ada di tubuh landak. Setelah sebelumnya 17 orang jatuh sakit di Virginia dan Washington DC.

Baca Lainnya : Hendak Jual Landak Dilindungi, 2 Petani Ditangkap

Salmonella sendiri merupakan kelompok bakteri yang menyebabkan tifus dan juga menyebabkan makanan menjadi beracun. Spesies-spesies Salmonella dapat bergerak bebas dan menghasilkan hidrogen sulfida.

Beruntung, pasien langsung mendapat penanganan khusus dari rumah sakit. Sejauh ini penyakit yang ditimbulkan akibat bakteri salmonella dari tubuh landak tidak mengakibatkan korban jiwa. Sepertiga korban adalah anak-anak.

Sementara itu, saat ini pemerintah AS terus mengajak penduduknya untuk tidak mencium landak dan menjauhkan hewan tersebut dari makanan.

Baca Lainnya : BKSDA Jabar Wilayah I Serang Amankan 8 Ekor Landak dari Tangan Warga

"Jangan mencium atau menggendong landak, karena ini dapat menyebarkan bakteri Salmonella ke wajah dan mulut sehingga menyebabkan mual-mual," seperti dilansir dari pernyataan resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

"Jangan biarkan landak berkeliaran bebas di daerah di mana makanan diletakkan atau disimpan, seperti di dapur. " tulisnya.

Para pejabat juga memperingatkan landak dapat menyebarkan bakteri salmonella melalui tinja. Mengingat kotoran di duri landak bisa menempel lama dan siapapun bisa menggendong dan menciumnya hingga bisa tertular. [NN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

9 Hal yang Sering Dikira Vegan Padahal Tidak

Health & Beauty   21 Jan 2020 - 06:49 WIB
Bagikan:          

37°C Bukan Lagi Suhu Tubuh Normal Manusia, Lalu Berapa?

Health & Beauty   21 Jan 2020 - 06:44 WIB
Bagikan:          
Bagikan: