17 Spesies Hiu Terancam Punah

TrubusLife
Diah Fauziah
27 Mar 2019   22:00 WIB

Komentar
17 Spesies Hiu Terancam Punah

Hiu mako sirip pendek termasuk spesies yang terancam punah. (Science)

Trubus.id -- International Union for the Conversation (IUCN) mengeluarkan laporan terbaru tentang hewan dan tumbuhan terancam punah atau masuk daftar merah pada Kamis (21/3) lalu.

"Hasil kami mengkhawatirkan. Sebanyak 17 dari 58 spesies yang dievaluasi, digolongkan mengalami kepunahan," kata Nicholas Dulvy, ketua peneliti.

Ia melanjutkan, "Perkembangan hiu sangat lambat. Ditambah dengan faktor perburuan ilegal dan penangkapan yang berlebihan, membuat hiu kian terancam."

Baca Lainnya : Hiu di Irlandia Ini Sembunyikan Telur di Terumbu Karang Rusak

17 spesies yang terancam punah termasuk di antaranya hiu mako sirip pendek atau shortfin mako shark. Hiu dengan nama ilmiah Isurus oxyrinchus ini memiliki kecepatan jelajah 40 kilometer per jam yang diselingi semburan lebih dari 70 kilometer per jam. Menjadikannya sebagai yang tercepat dari semua spesies hiu.

"Hiu mako sirip pendek terancam punah karena dagingnya dianggap lezat di kuliner China dan Asia," kata Nicholas kepada AFP.

Baca Lainnya : Jarang Terlihat, Hiu Gergaji Terancam Punah

Tiga dari enam spesies hiu yang terancam punah di antaranya adalah whitefin swellshark, the argentine angel shark dan the smoothback angel shark.

Untuk hiu dan hewan laut lainnya, peneliti menggunakan pendekatan lain dan melihat seberapa cepat populasi menurun. Sementara bagi hewan darat, ahli biologi konservasi fokus pada ukuran populasi dan jangkauan geografis dalam menilai ancaman kepunahan.

Studi pada tahun 2013 mengungkapkan jika lebih dari 100 juta ekor hiu ditangkap setiap tahunnya untuk memenuhi permintaan pasar. [DF]

 

 

 

 

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Wabah Belalang yang Menyerang Afrika Sekarang Terjadi di Tiongkok

Plant & Nature   24 Feb 2020 - 11:20 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Makanan Wajib Saat Menderita Flu

Health & Beauty   22 Feb 2020 - 23:15 WIB
Bagikan: