Kenalkan Hahapaan, Tanaman Herba untuk Alat Kontrasepsi Alami

TrubusLife
Karmin Winarta
24 Mar 2019   12:00 WIB

Komentar
Kenalkan Hahapaan, Tanaman Herba untuk Alat Kontrasepsi Alami

Tumbuhan herba ini diyakini bisa dipakai untuk alat kontarsepsi alami (Istimewa)

Trubus.id -- Tiap tanaman menyimpan khasiat obat. Salah satunya adalah Hahapaan atau di Jawa Tengah disebut dengan "Apa-apa". Tanaman perdu ini biasanya tumbuh liar di bukit-bukit atau di  tanah atau dataran yang tak terawat. Dalam Bahasa Inggris tanaman yang semak yang bisa mencapai tinggi 2 meter ini disebut dengn Wild Hops.

Hahapaan ( Flemingia strobilifera) ini mempunyai karakter daun berwarna hijau agak berbulu halus. Buahnya berbentuk polong dengan diameter 2-3 mm dan berwarna kecoklatan. 

Seluruh bagian tanaman semak ini bisa dipakai untuk obat. Karena mengandung quercitin, rutin, quercimeritin, leptosidin, naringin, chalcones dan sitosterol. Kitab Tubuhan Obat menulis, Hahapaan dengan kandungan zat yang dimilikinya ini mampu mengobati penyakit rematik, sakit tulang, epilepsi dan obat setelah melahirkan.

Untuk pengobatan sakit tulang, rebus tanaman Hahapaan atau daunnya saja dengan air secukupnya. Setelah mendidih diamkan air sampai hangat. Air rebusan yang masih hangat dipakai untuk mandi. Untuk rematik, tumbuk tanaman ini sampai halus, lalu balurkan ke bagian yang menderita rematik.

Sampai sekarang belum ditemukan literatur yang menyebabkan adanya kontraindikasi maupun efek samping saat mengonsumsi tanaman obat ini.

Bagi oran Sunda, tanaman ini juga dipakai sebagai alat kontrasepsi setelah melahirkan. Tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman pagar yang bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan pupuk hijau.

Di Malaysia, Afrika Barat dan Madagaskar, tanaman ini juga difungsikan sebagai tanaman penutup tanah. Di Arab tumbuhan ini merupakan salah satu sumber penghasil warna untuk sutra.

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Kiprah 3 Srikandi Berkarya Bagi Negeri di Masa Pandemi

Selebrity   07 Agu 2020 - 14:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: