Leonardo DiCaprio Unggah Foto TPST Bantar Gebang, Ini Respon Dinas Lingkungan Hidup Jakarta

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
23 Mar 2019   10:00

Komentar
Leonardo DiCaprio Unggah Foto TPST Bantar Gebang, Ini Respon Dinas Lingkungan Hidup Jakarta

Leonardo DiCaprio, aktor ternama yang juga aktivis lingkungan. (LifeGate)

Trubus.id -- Pada Jumat (15/3) lalu, Leonardo DiCaprio mengunggah sebuah foto tentang kondisi di tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, yang sangat memprihatinkan di akun Instagram pribadinya @leonardodicaprio. Postingan tersebut merupakan regram dari akun @everydayclimatechange.

"Beberapa pria, dari Desa Cikuwul, menangkap ikan di perairan berlumpur yang sangat tercemar yang merembes dari zona pembuangan terbesar Bantar Gebang. TPA Bantar Gebang menerima limbah dari 15 juta orang yang tinggal di Jakarta. Pemulung membutuhkan sampah untuk mencari nafkah dan masyarakat Indonesia membutuhkan pemulung untuk mendaur ulang semua bahan yang mungkin akan dibuang begitu saja," tulis Leo.

Baca Lainnya : Leonardo DiCaprio Ternyata Pernah Meneliti Ekosistem Leuser di Aceh

"Indonesia, berada di peringkat pencemar plastik terbesar kedua di dunia setelah China dengan laporan menunjukkan bahwa negara itu menghasilkan 187,2 juta ton sampah plastik setiap tahun yang lebih dari 1 juta ton bocor ke laut," lanjutnya.

Pemeran Jack Dawson di film Titanic ini juga mengungkapkan bahwa menurut studi terbaru, ketika plastik membusuk, akan memancarkan jejak metana dan etilena, dua gas rumah kaca yang kuat.

"Laju emisi meningkat seiring waktu. Emisi terjadi ketika bahan plastik terpapar radiasi matahari, baik di air atau udara. Di udara, tingkat emisi jauh lebih tinggi. Hasil menunjukkan bahwa plastik mewakili sumber jejak gas yang relevan dengan iklim yang sebelumnya tidak dikenal. Diperkirakan, akan meningkat karena semakin banyak plastik yang diproduksi dan diakumulasi di lingkungan," ungkap aktivis lingkungan ini.

Baca Lainnya : Cara Mudah Mengurangi Sampah Plastik dari Rumah 

Hingga Minggu (23/3), postingan Leo telah disukai 235.840 followernya dan dikomentari 1.792 orang, salah satunya dari Dinas Lingkungan Hidup Jakarta.

"Saya admin media sosial Dinas Lingkungan Hidup Kota Jakarta. Kami berkonsentrasi tentang sampah. Perlu diketahui bahwa Bantar Gebang sudah penuh dan tak bisa lagi menampung sampah pada 2021. Saat ini kami butuh perbaikan untuk pengelolaan limbah. Untuk itu kami butuh dukungan semua pihak. Terima kasih atas perhatianmu untuk kota kami," kata akun @dinaslhdki.

Well, Trubus Mania, kalau Leonardo DiCaprio saja peduli tentang lingkungan, bagaimana dengan kalian? Ingat, jangan buang sampah sembarangan dan sebisa mungkin, hindari penggunaan sampah plastik sekali pakai. Yuk, kita jadikan Jakarta dan Indonesia bebas sampah plastik. [DF]

 

 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 23 Mar 2019 - 14:17

Minimal Depo 20rb & WD 50rb cs online 1x24 jam hanya di WWWoAREATOTOoPRO

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: