Awas Fenomena Equinox Bisa Sebabkan Dehidrasi, Kenali 5 Tandanya

TrubusLife
Diah Fauziah
22 Mar 2019   11:30 WIB

Komentar
Awas Fenomena Equinox Bisa Sebabkan Dehidrasi, Kenali 5 Tandanya

Ilustrasi. (Northwestern Medicine)

Trubus.id --  Fenomena Equinox  terjadi mulai 22-28 maret 2019. Saat itu posisi matahari sedang berada di atas khatulsitiwa. Indonesia yang berada di lokasi tersebut mengalami cuaca yang lebih panas dibanding biasianya. Kondisi ini ini bisa memicu dehidrasi. Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang diterima.

Kadar air normal yang berkurang di dalam tubuh bisa mengganggu keseimbangan mineral (garam dan gula) dan kemudian mempengaruhi cara fungsinya. Bagaimanana pun, air membentuk lebih dari dua pertiga tubuh manusia yang sehat.

Air bisa membantu pencernaan, membuang limbah dan racun serta menjaga kulit tetap sehat. Jadi, ketika tubuh kehilangan cairan sedikit pun, bisa berpengaruh terhadap kesehatan seseorang.

Baca Lainnya : Awas, Dehidrasi Bisa Memengaruhi Kinerja Mental

Berikut tanda awal dehidrasi:

1. Merasa haus dan pusing

Ketika sedang beraktivitas di bawah langsung sinar matahari dan tiba-tiba Trubus Mania merasa haus,  segeralah mengambil air minum untuk mengganti cairan yang dikeluargan tubuh. Jangan sampai merasa kepala merasa pusing, karena efeknya cukup fatal.

2. Mulut kering.

Tanda-tanda tubuh mengalami dehidrasi adalah mulut terasa kering dan susah mengeluarkan air ludah. Mulut kering juga menyebabkan aroma tidak sedap. Saat itulah Trubus Mania harus segera minum air secukupnya.

Baca Lainnya : Coba Trik Ini Untuk Hindari Dehidrasi

3. Kelelahan

Saat beraktivitas, sebaiknya diikuti jeda atau istirahat dan minum air putih secukupnya agat kondisi badan tetap fit. Jika tubuh merasa kelelahan, ini adalah tanda tubuh mengalami dehidrasi.

4. Memiliki urine berwarna gelap dan berbau kuat.

Untuk mengetahui tanda-tanda tubuh mengalami dehidrasi Trubus Mania bisa pergi ke toilet atau urinoir. Cek apakah air seni atau urine berwarna lebih gelap dan aromanya menusuk. Jika hal itu terjadi berarti tubuh mengalami dehidrasi.

5. Buang air kecil lebih jarang dari biasanya.

Tentu saja karena asupan air minum yang kurang, tubuh tidak akan mengeluarkan cairan dalam bentuk urine sehingga kita tidak merasa buang air kecil. Segeralah minum dan dehidrasi tak akan terjadi. [DF/KW]

 


 


 


 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: