Penyakit Ginjal pada Ibu Hamil Ancam Kelahiran Prematur dan Kematian

TrubusLife
Diah Fauziah
21 Mar 2019   10:00 WIB

Komentar
Penyakit Ginjal pada Ibu Hamil Ancam Kelahiran Prematur dan Kematian

Ilustrasi ibu hamil. (Pixabay/ Pexels)

Trubus.id -- Kehamilan bisa memberikan kesempatan bagi perempuan untuk diagnosis penyakit ginjal melalui tes antenatal standar. Jika seorang perempuan mengidap CKD saat hamil, bisa berdampak buruk pada dirinya dan bayinya. Kehamilan juga dapat memperburuk kondisi yang sebelumnya tidak terdiagnosis pada ibu, misalnya diabetes dan hipertensi, menghasilkan perkembangan pre-eklampsia setelah 20 minggu kehamilan.

Pre-eklampsia adalah komplikasi kehamilan yang ditandai oleh tekanan darah tinggi dan tanda-tanda kerusakan pada sistem organ lain, paling sering pada hati dan ginjal. Dapat terjadi pada perempuan yang tekanan darahnya sebelumnya normal. Pre-eklampsia meningkatkan kemungkinan hipertensi dan CKD di tahun-tahun berikutnya.

Baca Lainnya : Bisa Menyebabkan Keguguran, Alasan Kenapa Pijat Berbahaya bagi Ibu Hamil

"Saat pre-eklampsia berkembang pada perempuan hamil, seringkali sudah terlambat. Kita tidak dapat mengakhiri kehamilan. Kami harus memantau tekanan darah dan pertumbuhan janin mereka dengan sangat hati-hati. Tekanan darah bisa lepas kendali dan mereka mungkin sakit atau bahkan mati. Kadang-kadang, bahkan ketika mereka melewati krisis, bisa membuat rusak otak mereka," kata Prof Emeritus Datin Dr Norella Kong, dosen klinis penyakit dalam di Universitas Kebangsaan Malaysia.

Baca Lainnya : Waspadai Gejala Batu Ginjal pada Wanita

Masalah lain dengan pre-eklampsia adalah pembuluh darah di plasenta dapat kejang (mengakibatkan penyempitan). Kemungkinan, janin tidak mendapatkan nutrisi yang tepat. Dalam keadaan ini, pertumbuhan janin seringkali kecil di usianya atau terlahir prematur.

Dia menjelaskan, "Bayi prematur memiliki komplikasi sendiri, bahkan jika mereka selamat."

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Kiprah 3 Srikandi Berkarya Bagi Negeri di Masa Pandemi

Selebrity   07 Agu 2020 - 14:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: