Atractaspis Branchi, Ular Spesies Baru yang Ditemukan di Afrika Barat

TrubusLife
Diah Fauziah
18 Mar 2019   23:00 WIB

Komentar
Atractaspis Branchi, Ular Spesies Baru yang Ditemukan di Afrika Barat

Atractaspis Branchi, ular spesies baru. (African Snakebite Institute)

Trubus.id -- Beberapa waktu lalu, tim peneliti internasional menemukan ular spesies baru di Afrika Barat. Ular tersebut diberi nama Atractaspis branchi untuk menghormati Profesor William Roy Branch, ahli reptil dari Afrika Selatan yang meninggal dunia pada Oktober 2018.

Dalam laporan yang terbit di jurnal Zoosystematics, ular ini memiliki metode unik untuk melumpuhkan musuh dengan memutar kepalanya untuk menikam mangsa dari samping karena taringnya yang sedikit menyembul keluar dari mulut.

Baca Lainnya : Gara-gara Hidup di Lingkungan Tercemar, Ular Laut Berubah Warna

Walau racunnya tidak bisa membunuh manusia, Trubus Mania harus tetap hati-hati karena bisa ular ini dapat menyebabkan pembengkakan, kulit melepuh dan rusaknya jaringan.

Tiga spesimen baru A. branchi ditemukan di hutan hujan Guinea tenggara dan Liberia barat laut, Afrika Barat. Saat itu, para peneliti sedang melakukan ekspedisi di wilayah tersebut.

Baca Lainnya : Ditemukan Ular Piton Aneh, dari Kepala Sampai Ekor Tertutup

Spesimen pertama ditemukan pada malam hari di tepi sungai kecil berbatu di hutan hujan dataran rendah Liberia. Dua spesies lainnya ditemukan di perkebunan pisang, singkong dan kopi di Guinea.

"Diperlukan survei lebih lanjut untuk mengumpulkan lebih banyak informasi bagi kebutuhan ekologis dan sifat biologisnya," kata peneliti, dikutip dari Newsweek. [DF]

 

 

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: