2,43 Ton Limbah Kimia Dikumpulkan dari Sungai Kim Kim pada Hari Pertama Pembersihan

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
14 Mar 2019   21:30

Komentar
2,43 Ton Limbah Kimia Dikumpulkan dari Sungai Kim Kim pada Hari Pertama Pembersihan

Pembersihan Sungai Kim Kim yang tercemar limbah kimia. (Istimewa)

Trubus.id -- Sebanyak 2,43 ton limbah kimia dikumpulkan dari Sungai Kim Kim di Pasir Gudang, Johor Baru, Malaysia, selama hari pertama proses pembersihan sejak pencemaran dilaporkan pada Kamis (7/3) kemarin.

Ketua Komite Kesehatan, Lingkungan dan Pertanian Johor, Dr Sahruddin Jamal, mengatakan jika 2,43 ton limbah kimia dikumpulkan pada hari pertama pembersihan.

"Pihak berwenang menerima laporan tentang insiden tersebut pada Kamis (7/3) pukul 5.15 pagi. Pemerintah segera mengambil tindakan, terutama oleh Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan," kata Sahruddin, Kamis (14/3).

Baca Lainnya : Sungai Ini Tercemar 795.000 Liter Minyak Akibat Pipa Bocor

"Lokasi di mana bahan kimia dibuang diidentifikasi pada jam 9.30 pagi. Pekerjaan pembersihan awal dilakukan oleh beberapa lembaga di lokasi," jelasnya.

Namun, pembersihan Sungai Kim Kim yang tercemar harus dihentikan pada hari Jumat (8/3) setelah mendapat informasi dari Departemen Lingkungan bahwa limbah kimia di sungai tersebut sangat berbahaya. Diperlukan metode pembersihan yang memenuhi peraturan keselamatan.

"Pekerjaan pembersihan dimulai lagi kemarin, Rabu (13/3) oleh kontraktor yang ahli dalam mengelola bahan kimia. Saat ini, tingkat kualitas udara normal. Tapi, bisa berubah, tergantung cuaca," bebernya.

Baca Lainnya : Sungai Tercemar Memicu Tingginya Kematian Janin

Sejak pencemaran dilaporkan, ada 947 korban yang telah menerima perawatan.

"Sebanyak 209 korban dirawat di rumah sakit. Delapan orang pasien dirawat di unit perawatan intensif Rumah Sakit Sultan Ismail. Kondisi mereka stabil," jelasnya. [DF]

 

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: