Ilmuwan China Temukan Cara Bagaimana Tikus Mampu Melihat dalam Gelap

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
09 Mar 2019   06:00

Komentar
Ilmuwan China Temukan Cara Bagaimana Tikus Mampu Melihat dalam Gelap

Tikus. (Pixabay)

Trubus.id -- Ilmuwan China telah menemukan cara bagaimana agar tikus mempunyai kemampuan melihat gelombang inframerah. Ujicoba ini bertujuan agar setiap orang, misalnya militer, perawat atau pejabat keamanan sipil yang mngidap buta warna, dapat melihat dalam kegelapan saat menjalankan pekerjaannya.

Xue Tian, ahli saraf dari Universitas Sains dan Teknologi China, mengatakan jika ia dan rekan-rekannya memberikan visi inframerah pada tikus selama 10 minggu, tanpa efek samping. Menurut makalah yang terbit di jurnal ilmiah Cell, para peneliti menerapkan nano teknologi baru pada tikus. 

Baca Lainnya : Tikus Kanguru Muncul Lagi di California Setelah Sempat Dikira Punah

"Manusia dan mamalia lain hanya dapat melihat gelombang cahaya dalam fraksi sangat kecil dari spektrum elektromagnetik. Panjang gelombang infra merah yang dipancarkan manusia, hewan dan benda saat mereka mengeluarkan panas, terlalu besar untuk dideteksi mata manusia," kata Xue.

Saat penelitian, tim menyuntikkan tetesan yang mengandung partikel nano ke mata tikus. Partikel nano menyerap cahaya inframerah dan mengubahnya menjadi panjang gelombang yang dapat dideteksi. Hasilnya, tikus yang telah disuntik nano partikel, dapat memperoleh informasi gambar nyata dalam gelap maupun siang hari.

Baca Lainnya : Ini Jawabannya Kenapa Tikus Selalu Lolos dari Perangkap

"Kami siap untuk melakukan percobaan pada hewan yang lebih besar, meskipun banyak penelitian lanjutan harus dilakukan," katanya.

Namun, para ilmuwan mengatakan ada rintangan sebelum menerapkan teknologi ini pada manusia. Itu karena, nano partikel yang digunakan pada tikus mengandung logam berat yang tidak terdegradasi. Peneliti ingin menemukan teknologi ramah lingkungan, di mana nano partikel organik yang biodegradable dan bisa menghasilkan penglihatan inframerah lebih cerah. [DF]

 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 09 Mar 2019 - 11:03

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 ada bonus cashback dan bonus deposit harian BBM : 2B1E7B

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: