Dengan Berat 8 Kilogram, Durian Madu Racun Tidak Akan Habis untuk 4 Orang

TrubusLife
Diah Fauziah
01 Mar 2019   18:30 WIB

Komentar
Dengan Berat 8 Kilogram, Durian Madu Racun Tidak Akan Habis untuk 4 Orang

Suwandi (batik hijau), Dirjen Hortikultura Kementan dan rombongan saat mencicipi durian madu racun khas Solok, Kamis (28/2). (Dok. Humas Kementerian Pertanian)

Trubus.id -- Daerah Solok, Sumatra Barat, tidak hanya dikenal dengan beras, kopi dan bawang merahnya saja. Tapi juga duriannya yang enak.

"Jangan salah, durian Solok itu enak dan hebat," kata Hasanuddin, anggota komisi IV DPR RI, saat mencicipi durian khas Solok, Kamis (28/2).

Hasanuddin tidak sendirian saat mencicipi durian khas Solok. Ia ditemani Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi; anggota Komisi IV DPR RI, Hasanuddin; Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatra Barat, Chandra; serta Assisten II Pemda Provinsi Sumatra Barat, Benni Warlis.

Baca Lainnya : Durian Lokal Jadi Primadona, Ekspor Indonesia Naik 353 Persen

Rombongan mendatangi kebun seluas 40 hektare miliki Anjung di Kecamatan Kubung. Anjung menanami kebun dengan 4.000 durian lokal, misalnya jantung selayo, tembaga selayo, tembaga emas, tembaga super, kunyit super, sanggan, sehelai sarawq, kubung, madu racun, maupun bangau. Satu buah durian beratnya bisa mencapai 3,5 hingga 6,5 kilogram.

Jika panen raya, Anjung mengatakan jenis durian yang bisa berbuah banyak ialah matahari, di mana satu pohon bisa menghasilkan 1.000 buah. Namun, harga durian di kebun masih murah, berkisar Rp15.000 per buah.

"Harga di petani berbeda dengan di Jakarta yang bisa mencapai Rp40 ribu hingga Rp50 ribu per buah," ujar Anjung.

Baca Lainnya : Yuk Berburu 10 Jenis Durian Unggul di Akhir Pekan

Perbedaan harga tersebut justru merupakan sebuah peluang bisnis yang cukup terbuka. Apalalagi, ada durian lokal yang unik, belum ada di daerah lain yakni jenis madu racun.

"Berat durian madu racun bisa mencapai delapan kilogram per buah. Saking besarnya, tidak akan habis dimakan empat orang," kata Anjung.

Karena beratnya itu pula, durian madu racun sering juga disebut durian galon.

Baca Lainnya : Durian Tak Mengandung Kolesterol, Cek 5 Fakta Lainnya 

"Pohon durian ini bisa berbuah 800 sampai 1.000 buah per pohon," jelasnya.

Tidak hanya durian madu racun, Anjung juga memiliki durian bango yang rasanya tidak kalah manis dengan durian musang king. Satu buah durian bango bisa dijual seharga Rp350 ribu.

"Agar pohon durian berbuah lebat, saya selalu menerapkan aturan tanaman sesuai kaidah SOP. Kami benar-benar mengikuti setiap tumbuh kembangnya durian seperti pemberian pupuk organik, pencegahan hama penyakit dan sebagainya," sambungnya. [DF]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Sehat dan Lepas Stres dengan Menanam Buah di Pekarangan

Health & Beauty   28 Agu 2020 - 10:08 WIB
Bagikan: