Tiga Jenis Biawak Endemik Raja Ampat Ini Jadi Incaran Wisatawan

TrubusLife
Astri Sofyanti
25 Feb 2019   06:11 WIB

Komentar
Tiga Jenis Biawak Endemik Raja Ampat Ini Jadi Incaran Wisatawan

Wisata Bahari Raja Ampat (Istimewa)

Trubus.id -- Destinasi wisata populer yang ada di wilayah Indonesia bagian timur, Raja Ampat ternyata memiliki tiga jenis biawak endemik. Hal tersebut diungkapkan oleh Koordinator Keanegaragaman Hayati dan Pengembangan Masyarakat Fauna dan Flora International-Indonesia Programme (FFI-IP) Raja Ampat, Maurits Kafiar.

Dirinya mengungkapkan tiga jenis biawak itu tidak ditemukan di belahan dunia manapun.

Tiga jenis biawak endemik Raja Ampat yakni biawak asal pulau Batanta (Varanus macraei), biawak asal Pulau Misool (Varanus reisingeri), dan biawak asal pulau Waigeo (Varanus boehmei).

Diakui Mauris, tiga jenis biawak endemik Kabupaten Raja Ampat juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara, khususnya bagi mereka para pecinta reptil.

Meski begitu, tiga jenis biawak endemik ini juga menjadi incaran para pemburu ilegal dan diperjualbelikan di Kota Sorong, Papua.

Untuk itu, pihaknya berharap masyarakat setempat bisa membantu melindungi biawak endemik serta meningkatkan kesadaran agar para pemburu tak lagi mengancam habitat satwa yang hanya akan ditemui di Raja Ampat agar keberadaannya tetap terjaga dan tidak punah.

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Kiprah 3 Srikandi Berkarya Bagi Negeri di Masa Pandemi

Selebrity   07 Agu 2020 - 14:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: