Jika Irigasi Tidak Diperbaiki, Jutaan Ikan di Australia Mati dalam Enam Bulan

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
18 Feb 2019   21:00

Komentar
Jika Irigasi Tidak Diperbaiki, Jutaan Ikan di Australia Mati dalam Enam Bulan

Kematian massal jutaan ikan di Australia, beberapa waktu lalu. (AFP)

Trubus.id -- Sistem air terbesar di Australia berada di bawah kondisi buruk karena bisa membunuh jutaan ikan dalam waktu enam bulan, kata para ilmuwan, Senin (18/2).

Selama Desember 2018 dan Januari 2019, terdapat tiga kasus kematian massal ikan di Sungai Murray-Darling. Sejak itu, sungai tersebut telah diawasi dengan ketat oleh pihak berwenang. Berdasarkan penyelidikan, kematian massal ikan di sungat tersebut disebabkan tiga hal: aliran air yang rendah, kadar oksigen di sungai dan juga ganggang beracun.

Baca Lainnya : 50 Tahun Lagi Laut Kehilangan Oksigen, Bagaimana Nasib Ikan?

Ilmuwan yang mempelajari tiga serangan kematian mengatakan bahwa, kekeringan parah yang melanda Australia timur, berkontribusi pada kematian massal ikan. Faktor lain yang juga memengaruhi kematian massal ikan adalah tidak seriusnya tata kelola dan manejemen sungai.

"Tinjauan kami tentang kematian massal ikan menemukan bahwa, tidak ada cukup air di Sungai Murray-Darling untuk menghindari dampak bencana," kata Craig Moriz, ketua panel pakar independen yang ditugaskan menyelidiki kematian massal ikan.

Baca Lainnya : Ternyata, Ikan Bisa Mengenali Dirinya Sendiri di Cermin

Berdasarkan data curah hujan dan aliran sungai selama beberapa dekade terakhir, Craih mengatakan jika ekstraksi air berlebih di hulu, terjadi di wilayah pertanian di Queensland dan negara bagaian New South Wales (NSW).

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Sedotan Unik Non-Plastik Berbahan Pasta

Hernawan Nugroho   Plant & Nature
Bagikan:          
Bagikan: