Terungkap, Penyebab Kanker Payudara Berhubungan dengan Komposisi Bakteri

TrubusLife
Trubus Life
08 Okt 2017   15:32 WIB

Komentar
Terungkap, Penyebab Kanker Payudara Berhubungan dengan Komposisi Bakteri

Peneliti ungkap penyebab kanker payudara. (Foto: pixabay.com/Herriest)

Trubus.id -- Bakteri yang hidup dalam tubuh yang dikenal sebagai mikrobioma dan mampu mempengaruhi beragam penyakit. Peneliti baru saja mengungkap fakta, kanker payudara ternyata berhubungan dengan ketidakseimbangan komposisi bakteri.

Mereka mengetahui perbedaan komposisi bakteri ini dengan mengungkap perbandingan mikroba yang hidup pada perempuan dengan payudara sehat dan yang mengidap kanker. 

Charis Eng selaku peneliti utama dari Cleveland Clinic’s Genomic Medicine Institute mengakui, “Kami ingin menggunakan mikrobioma sebelum kanker payudara terbentuk untuk mencegah kanker dengan sebuah probiotik ataupun antibiotik.”

Tim peneliti memeriksa jaringan dari 78 pengidap kanker payudara yang menjalani operasi payudara. Mereka juga memeriksa urin para pengidap kanker payudara untuk menentukan komposisi bakteri di dalam tubuh.

Menurut peneliti, sampel urin para pengidap kanker meningkatkan kadar bakteri gram positif, termasuk didalamnya Staphylococcus dan Actinomyces.

Dr. Stephen Grobmyer selaku direktur layanan payudara di Cleveland Clinic mengakui, “Peneliti harus melakukan studi yang lebih besar lagi untuk lebih memahami ketidakseimbangan bakteri pada pengidap kanker payudara.”

Jika peneliti dapat menemukan bakteri penyebab kanker payudara, mereka dapat mengembangkan lingkungan yang kurang ramah agar kanker tidak dapat tumbuh dan berkembang dalam tubuh. 

Adanya penemuan ini membuat Dr. Stephen dan Charis ingin berkolaborasi lebih lanjut dengan penyidik dari Hebrew University. Kedepan mereka akan mengembangkan pemanfaatan partikel submikroskopik untuk menemukan bakteri penyebab kanker payudara dan menciptakan antibiotik yang secara langsung dapat diaplikasikan pada pengidap kanker payudara. [WO/kw]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bawang Merah dan Daun Bawang Manakah yang Lebih Sehat

Health & Beauty   29 Jan 2021 - 09:39 WIB
Bagikan:          

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Pet & Animal   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan: