Nonton TV Lebih dari Satu Jam Bisa Menyebabkan Kanker Kolorektal pada Perempuan

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
08 Feb 2019   23:00

Komentar
Nonton TV Lebih dari Satu Jam Bisa Menyebabkan Kanker Kolorektal pada Perempuan

Ilustrasi. (Verywell Health)

Trubus.id -- Tim peneliti dari Amerika Serikat, China, dan Korea Selatan, terlibat dalam penelitian terbaru yang melibatkan 89.279 perempuan di Amerika. Mereka meneliti berbagai macam faktor risiko untuk penyakit kronis yang diidap perempuan.

Para peneliti memusatkan perhatian pada waktu santai, misalnya menonton televisi untuk melihat hubungan antara duduk lama dengan kanker kolorektal yang dialami perempuan di bawah 50 tahun.

Baca Lainnya : Kantong Teh Celup Bisa Memicu Sel Kanker?

Temuan yang dipublikasikan di JNCI Cancer Spectrum, menunjukkan bahwa menonton televisi lebih dari satu jam setiap hari, bisa menyebabkan peningkatan risiko kanker kolorektal sebesar 12 persen. Dan, mereka yang nonton televisi lebih dari dua jam per hari, menunjukkan peningkatan risiko sebesar 70 persen.

Baca Lainnya : Risiko Kanker Dipengaruhi Jam Makan Malam?

Bahkan, temuan ini masih berlaku setelah peneliti memperhitungkan indeks massa tubuh (BMI), olahraga, dan mereka yang tidak memiliki riwayat keluarga dengan kanker. Para penelitii juga menemukan bahwa, duduk dan menonton televisi terlalu lama bisa menyebabkan kanker rektum daripada kanker usus besar. Meski begitu, peneliti belum mengetahui apakah gaya hidup yang menetap, menjadi faktor risiko kanker kolorektal pada perempuan di atas 50 tahun.

"Studi ini dapat membantu mengidentifikasi mereka yang berisiko tinggi mengidap kanker." kata Yin Cao, peneliti. [DF]

 


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: