Rajin Olahraga Bikin Otak Makin Pintar

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
08 Feb 2019   15:00

Komentar
Rajin Olahraga Bikin Otak Makin Pintar

Ilustrasi olahraga (Istimewa)

Trubus.id -- Semua orang pasti tahu bahwa dengan berolahraga secara rutin dapat membuat tubuhmu lebih sehat. Meski begitu, sebagian orang mengaku tak memiliki banyak waktu untuk berolahraga karena padatnya aktivitas.

Tapi tahukah kamu, berolahraga ternyata bisa meningkatkan fungsi kognitif kamu loh. Hal tersebut diungkapkan sebuah studi dalam jurnal Neurology, jurnal medis dari American Academy of Neurology.

Studi tersebut menyatakan bahwa senam aerobik, jika dilakukan secara teratur dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir orang-orang bahkan di usia 20-an.

Studi ini muncul setelah para peneliti memeriksa orang-orang dalam kelompok usia 20-67 tahun. Mereka lalu dibagi menjadi kelompok stretching, senam aerobik dan pengencangan tubuh.

Baca Lainnya : Olahraga Lari Pakai Jaket Justru Jadi Pemicu Utama Serangan Jantung

Mereka yang melakukan senam aerobik memperoleh hasil lebih baik yakni 10 sampai 20 tahun lebih muda dari usia fisik mereka.

"Kami menemukan bahwa semua peserta yang berolahraga tidak hanya menunjukkan peningkatan dalam fungsi kognitif tetapi juga meningkatkan ketebalan di area lapisan luar otak mereka," kata Yaakov Stern, peneliti dari Universitas Columbia di New York.

Sebuah penelitian, yang sebelumnya pernah diterbitkan The New York Times, menyatakan, orang tua yang telah berolahraga secara teratur memiliki otot yang mirip dengan orang sehat berusia 25 tahun.

Baca Lainnya : Yoga Skin, Tren Pamer Wajah Mengkilat Seperti Habis Olahraga 

"Kami sangat tertarik pada orang-orang yang telah mulai berlari dan berolahraga menjadi booming pada tahun 1970-an," ungkap Scott Trappe, penulis senior studi dan direktur Laboratorium Kinerja Manusia di Ball State.

Dirinya menambahkan bahwa orang-orang pada zaman itu menjadikan olahraga rutin sebagai hobi menyenangkan.

Jadi apa Trubus Mania masih ragu untuk melakukan olahraga setiap hari sebelum memulai aktivitas. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Malapetaka Bagi Kamu yang Suka Bawa Ponsel ke Toilet

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan: